10 Manfaat Kulit Manggis

Jika buah durian mendapatkan julukan si “Raja Buah” maka buah manggis mendapatkan julukan si “Ratu Buah” loh sahabat Maggie.

Manggis sendiri adalah jenis pohon abadi yang berasal dari semenanjung Malaya, tumbuh tinggi hingga mencapai 7-25 meter. Tidak hanya enak untuk dikonsumsi, buah manggis ini juga memiliki banyak khasiat bahkan kulit dari buah manggis ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan yang sudah ditemukan pada abad ke-16 oleh seorang penjelajah hutan asal Perancis yang bernama Laurent Garcin.

Kulit manggis nyatanya dapat menghasilkan senyawa-senyawa xanthone yang berperan sebagai anti bakteri, anti mikroba dan senyawa lainnya seperti:

 

  • Antosianin merupakan sekelompok pigmen yang mampu berperan sebagai antioksidan dan dapat sahabat Maggie temukan di tanaman khususnya sayur dan buah.
  • Tanin adalah senyawa dengan aktivitas antioksidan yang cukup tinggi dimana mampu menghambat enzim penyebab diare hingga tumor.
  • Anti inflamasi dengan sedikit bantuan ekstrak etanol maka kulit manggis mampu menangkal radikal bebas dan menghambat sel-sel kanker.

 

8 dari 10 manfaat kulit manggis untuk kecantikan

  • Menghaluskan kulit
  • Mencerahkan kulit
  • Memutihkan kulit
  • Mencegah dan menghilangkan jerawat yang membandel
  • Menghilangkan noda atau flek hitam
  • Mencegah dan mengatasi tanda penuaan dini
  • Menghancurkan lemak yang ada di dalam tubuh
  • Mengencangkan kulit

 

 

Karena alasan diataslah kenapa banyak produk kecantikan yang berbahan utama manggis, tetapi perlu diperhatikan bagi sahabat Maggie yang saat ini sedang hamil untuk menghindari konsumsi buah manggis karena dapat memberikan efek samping tidak baik bagi janin.

Lalu bagaimana cara yang perlu sahabat Maggie lakukan agar dapat merasakan khasiat dari kulit manggis bagi kulit sahabat Maggie? Sebenarnya ada 2 cara yang dapat Anda ikuti agar dapat melakukan perawatan menggunakan kulit manggis ini.

 

Melakukan perawatan dari dalam yaitu dengan mengkonsumsi jus kulit manggis

Hal pertama yang harus disiapkan sahabat Maggie agar dapat melakukan perawatan kecantikan dari dalam dengan buah manggis yaitu menyiapkan 1 buah kulit manggis yang sudah dibersihkan menggunakan air yang mengalir. Potong hingga kulit manggis berukuran kecil dan haluskan menggunakan blender, setelah kulit manggis sudah benar-benar halus maka sahabat Maggie dapat langsung mengkonsumsi jus kulit manggis ini hingga habis. Jika Anda tidak menyukai rasanya, tenang saja karena Anda dapat mencampurkannya dengan buah-buahan yang lain dan pastikan Anda mengkonsumsi jus kulit manggis ini secara rutin selama 2-3 kali dalam seminggu.

 

Melakukan perawatan dari luar yaitu dengan menggunakan masker kulit manggis

Melakukan perawatan wajah secara alami dari luar dengan kulit manggis sebenarnya ada 2 cara yaitu dengan langsung mengkonsumsi vitamin yang terbuat dari ekstrak kulit manggis dan cara lainnya yaitu menggunakan masker kulit manggis.

Cara membuat masker kulit manggis, sudah tentu Anda harus menyiapkan 1 buah kulit manggis yang sudah dibersihkan menggunakan air mengalir. Lalu potong hingga menjadi beberapa bagian kulit manggis dan masukan kedalam blender tidak lupa untuk menambahkan sedikit air agar masker tidak terlalu kental dan encer.

Setelah masker kulit manggis sudah jadi, sahabat Maggie hanya cukup mengoleskan secara merata pada kulit wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya menggunakan air bersih. Diamkan selama 20-30 menit hingga masker kering dan benar-benar terserap, lalu bersihkan menggunakan air hangat dan keringkan menggunakan handuk yang lembut. Lakukan perawatan ini secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu sehingga masalah kulit seperti jerawat, flek hitam, masalah penuaan dini dan masalah kulit lainnya dapat teratasi dengan baik setelah menggunakan masker kulit manggis ini secara rutin di setiap malam hari.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sudah tentu sahabat Maggie harus melakukan perawatan menggunakan buah dan kulit manggis ini secara rutin agar kecantikan Anda terlihat sempurna dan natural. Jangan tunggu lebih lama lagi, langsung saja pratekan dan rasakan manfaatnya sendiri.