Kulit sensitif merupakan salah satu jenis masalah kulit yang paling sulit untuk diatasi. Karena salah sedikit saja kamu dalam memilih produk, itu akan berdampak buruk untuk kesehatan kulit kamu. Memiliki kulit sensitif berarti kamu harus menggunakan produk yang benar-benar difokuskan untuk jenis kulit sensitif. Pemilik kulit sensitif biasanya mengalami beberapa reaksi umum, seperti menyengat, terbakar, kemerahan, dan kekeringan.

Mungkin memiliki kulit sensitif sudah menjadi takdirmu, tapi kamu jangan terlalu ambil pusing. Berikut ini ada beberapa perawatan kulit sensitif yang bisa mempermudah hidupmu. Sebagai berikut:

Uji Produk Baru

Untuk memulai perawatan kulit dengan produk baru, selalu uji dengan memakai sedikit produk. Gunakan di area lengan dan diamkan selama satu malam, lihat hasilnya di pagi hari untuk kulit sensitif.

Segera Berhenti Pemakaian jika ada Reaksi Buruk

Jika terjadi reaksi yang buruk, sebaiknya gunakan hanya satu produk secara bertahap, setidaknya selama seminggu. Cara ini akan membantumu mencari tahu apa yang sebenarnya membuat kulit sensitif bereaksi.

Baca Daftar bahan yang Digunakan

Cara terbaik dalam perawatan kulit sensitif adalah mengidentifikasi dan menghindari bahan-bahan yang mungkin bereaksi terhadap kulit. Carilah produk yang bebas dari wewangian, pewarna, dan pengawet.

Jangan Keseringan Mencuci Muka dan Eksfoliasi

Mencuci muka terlalu sering dapat menghilangkan lemak dan protein penting. Sama halnya dengan eksfoliasi, karena dapat membuat bahan kimia yang mengiritasi menembus ke dalam kulit lebih mudah.

Mandi Secara Teratur

Kulit sensitif tidak hanya terjadi di wajah, namun juga area tubuh lainnya. Batasi penggunaan sabun, karena bagi kulit sensitif, sabun juga bisa menyebabkan masalah kulit kering dan masalah lainnya.

Gunakan Produk Sesedikit Mungkin

Lebih sedikit produk dan bahan yang digunakan berarti lebih sedikit juga reaksi yang akan ditimbulkan dari perawatan kulit yang kamu lakukan. Perawatan kulit sensitif sebenarnya sangat sederhana, yaitu pembersih, pelembap, dan tabir surya.

Perkenalkan Produk Baru Perlahan

Jika kamu ingin menggunakan rangkaian produk yang baru pada kulit sensitif, sebaiknya gunakan secara bertahap. Satu produk untuk satu minggu, baru ditambah produk lainnya, begitu seterusnya.

Jadi, dalam merawat kulit yang sensitif memang harus hati-hati ya. Karena sekali saja kamu salah dalam pemakaian produk, bisa-bisa wajah kamu malah semakin bermasalah.