Memiliki kulit wajah yang bersih dan berseri merupakan keinginan setiap manusia, khususnya wanita. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri. Demi mendapatkan hasil yang diharapkan banyak sekali cara yang dilakukan, diantaranya menggunakan perawatan alami atau memakai produk skincare. Sebelum melakukan perawatan alami ataupun memakai produk skincare, kamu harus tau dulu ya kulit wajahmu termasuk ke dalam tipe kulit wajah apa.

Dalam memilih skincare pun kamu harus hati-hati. Pilihlah produk yang sudah lulus uji BPOM, halal dan bebas dari bahan berbahaya seperti merkuri. Tapi, sekarang miss Maggie akan membahas perawatan alami untuk kulit wajah sahabat Maggie dalam waktu seminggu. Perawatan alami ini bisa sahabat Maggie praktikan di rumah nih, jadi ga perlu buang-buang uang buat ke salon. Nggak ribet juga loh ternyata merawat kulit wajah secara alami.

Nah, inilah cara-cara perawatan wajah alami yang bisa sahabat Maggie lakukan dirumah. Yuk simak!

Menggunakan Air Beras

Beras mempunyai kandungan yang sangat potensial seperti vitamin A, Vitamin C, Fenolic dan Flavonoid yang mampu meminimalisir racun dan menangkal radikal bebas serta kandungan oryzanol yang berkhasiat sebagai penangkal radiasi berbahaya yang disebabkan sinar ultraviolet. Namun saat dicuci kandungan yang terdapat didalam beras akan berkurang mulai 50-80% karena ikut larut saat pencucian.

Sehingga bisa dipahami bahwa air cucian beras memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Cara nya pun sangat mudah loh, kamu cukup sediakan air cucian beras. Bersihkan wajahmu terlebih dahulu dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk bersih, lalu basuh air cucian beras yang sudah disiapkan dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, kamu bisa bersihkan wajahmu dengan sabun wajah yang biasa kamu gunakan. Kamu bisa melakukan cara ini sehari 2 kali ya.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mempunyai kandungan Vitamin E, D, A, dan K yang mempunyai kadar cukup tinggi sehingga dapat membantu dalam meningkatkan kecerahan kulit wajah. Minyak zaitun juga kaya akan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan omega 3, 6, dan 9  serta zat besi mampu meregenerasi sel-sel kulit mati.

Pilihlah minyak zaitun murni yang bebas dari bahan kimia. Minyak zaitun ini dapat kamu aplikasikan sebagai masker loh.

Pertama, kamu bisa menggunakan masker minyak zaitun murni tanpa tamabahan bahan lainnya. Kamu hanya perlu mengoleskannya ke seluruh bagian wajah yang sudah kamu bersihkan denganair hangat ya. dan pastikan juga tangan kamu sudah steril. Pijat perlahan pada wajah, lalu diamkan sekitar 15-20 menit.

Kedua, campurkan minyak zaitun dengan putih telur. Cara menggunakannya sama dengan cara pertama, hanya saja kamu harus terlebih dulu mencampurkan minyak zaitun dengan putih telur dan aduk hingga merata.

Ketiga, mix minyak zaitun dengan yogurt. Yogurt merupakan produk hasil fermentasi, yang punya kandungan asam laktat yang baik untuk membuat wajah lebih cerah. Jadi kebayang dong sahabat Maggie, kalau kedua bahan ini disatukan. Hehe

MADU

Seperti yang kita tau, madu banyak sekali disukai mulai dari balita sampai manula sekalipun, karena rasanya yang manis. Tapi, madu bukan hanya manis loh, madu ini banyak sekali manfaatnya. Madu memiliki sifat antibakteri yang sangat baik, sehingga madu bisa menghambat masuknya bakteri ke kulit dan tubuh. Madu juga mempunyai kandungan antioksidan yang cukup baik, antioksidan mampu membuat kulit lebih kencang dan terlihat awet muda.

Ada banyak cara dalam mengaplikasikan madu untuk kesehatan kulit wajah, diantaranya :

  • Masker wajah dengan madu dan putih telur

    Kamu bisa mencampurkan madu dan putih telur dengan takaran yang bisa disesuaikan sendiri (misalnya 1 telur dicampur 1 sendok makan madu). Aduk hingga merata, kemudian kamu bisa balurkan secara merata keseluruh wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu cuci hingga bersih.

  • Masker Wajah dengan madu dan susu

    Susu mempunyai kandungan vitamin A dan Vitamin D yang mampu melembutkan kulit. Zat besi, fosfor dan kalsium yang terkandung pada susu dapat mengencangkan kulit dan membuat kulit menjadi sehat. Kulit wajah juga akan jauh lebih putih karena susu mempunyai protein dan antioksidan yang bagus.

    Untuk mengkonsumsinya kamu bisa meminum campuran madu dan susu secara langsung atau mencampurkan kedua bahan tersebut sebagai masker.

Mulai sekarang kamu bisa melakukan perawatan alami ini dirumah loh, daripada harus keluar rumah, dan menghabiskan waktu disalon serta mengeluarkan uang banyak. Apa salahnya kamu coba melakukan perawatan alami dirumah. Lebih hemat dan waktu istirahat kamu tetap terjaga.