Skincare adalah salah satu produk kecantikan yang sepertinya harus dimiliki oleh setiap wanita. Skincare adalah perawatan kulit dengan menggunakan produk-produk tertentu khususnya untuk wajah. Demi meningkatkan pemahaman akan pentingnya skincare yang baik untuk kulit wajah kamu. Skincare juga dapat membantu merawat kulit wajah, membuat wajah lebih glowing, dan membuat kulit wajah lebih terlihat segar dan sehat.

Tapi sampai sekarang masih banyak loh sejumlah mitos mengenai skincare yang dipercayai masyarakat, padahal mitos itu bukan fakta, jadi belum terbukti kebenarannya. Kira-kira apa aja ya mitos tersebut. Yuk disimak!

Sering Mencuci Wajah Merupakan Hal yang Bagus

Mencuci muka merupakan satu di antara yang jarang kita lewatkan demi menjaga wajah agar tetap segar dan bersih. Tidak sedikit orang yang mempercayai mitos ini. Padahal, mencuci muka terlalu sering malah menjadi pemicu minyak berlebih, menyebabkan iritasi dan meningkatkan produksi minyak di kulit wajah. Alhasil, bukannya kulit wajah tampak segar, malah menjadi kering, kaku dan kasar.

Rekomendasi Skincare Wajib Dipercayai

Banyak sekali rekomendasi skincare yang akan kamu jumpai, mulai dari skincare terbaik atau bagus sampai ke skincare abal-abal. Banyak juga yang mempromosikannya mulai dari selebgram, beauty vlogger sampai artis, yang membuat kamu ingin menggunakan nya juga. Sebenarnya rekomendasi skincare itu engga salah sih. Tapi, biar bagaimana pun kamu harus sesuaikan dengan jenis kulit wajah kamu ya. Jangan sembarangan pakai skincare, nanti yang ada bukan menjadikan wajah kamu tampak lebih cantik malah membuat masalah pada wajah kamu.

Baca Juga “Cara Merawat Wajah Secara Alami Agar Tidak Kusam

Skincare Mahal Pasti Bagus

Nah, mitos lainnya tentang skincare adalah bahwa skincare yang mahal merupakan skincare yang bagus, bahkan dianggap sebagai produk skincare terbaik, lho! Ini mitos yang salah banget ya sahabat Maggie. Semahal apapun skincare yang kamu gunakan, kalau bahannya tidak cocok dengan kulit wajahmu, maka akan percuma kan?!

Misalnya saja kulit kamu normal, tapi kamu menggunakan skincare mahal bukan untuk kulit normal. pasti akan berdampak buruk dong buat kulit wajah kamu nantinya. Memang sih skincare kamu mahal tapi itu bukan menjadi skincare terbaik dan bagus kan ? kamu malah jadi buang-buang uang.

Semakin Sering Eksfoliasi, Kulit Semakin Bersih

Mitos berikutnya adalah semakin sering kamu melakukan eksfoliasi, kulit kamu akan semakin bersih. Faktanya ? semakin sering kamu melakukan eksfoliasi, maka akan membuat kulit wajah kamu semakin tipis. Bukan hanya itu, kamu juga berisiko mengalami masalah kulit seperti iritasi. Nggak mau kan sahabat Maggie kalau kulit wajah kamu sampai iritasi?!

Kamu bisa melakukan eksfoliasi maximal 2 kali dalam satu minggu. Lakukan sesuai kebutuhan kulit wajah kamu ya.

Kulit Berminyak Tidak Butuh Pelembab

Terakhir, ada mitos bahwa kulit berminyak tidak butuh pelembab. Dan tidak sedikit loh orang-orang yang mempercayai mitos ini. Semua jenis kulit, bahkan kulit berminyak parah sekalipun tetap membutuhkan pelembab. Hanya saja, jenis pelembabnya yang berbeda. Untuk kulit berminyak, kamu bisa menggunakan pelembab berbahan dasar air yang ringan di kulit kamu. Perlu kamu ketahui, kalau kamu enggak melembabkan kulit, kulit wajah kamu akan memproduksi sendiri minyak alami kulit untuk tetap menjaga kelembapan kulit. Alhasil, kulit wajahmu akan makin berminyak.

Jadi, lumayan banyak ya mitos yang beredar tentang skincare. Maka dari itu kalau kamu belum menemukan sumber yang belum jelas tentang skincare, jangan percaya begitu saja ya. Dan jangan lupa untuk menggunakan skincare dengan cara-cara yang tepat, skincare yang sesuai jenis kulit wajah serta yang sudah aman digunakan atau sudah lulus BPOM.