Tau kah kamu penyebab Dark Circle atau mata panda itu apa? Dark circle atau mata panda ini adalah masalah wajah yang sangat sering dialami oleh remaja. Ada beberapa yang menganggap remeh masalah ini, ada juga yang berusaha keras untuk menghilangkannya.

Mata panda atau mata berkantung adalah lingkaran berwarna hitam yang muncul di bawah mata. Munculnya lingkaran hitam karena bengkaknya pada mata yang diakibatkan karena beberapa faktor penyebab.

Ada beberapa faktor atau penyebab terjadinya Dark Circle:

Pertama, factor keturunan.

Salah satu penyebab dari dark circle ini adalah factor keturunan. Coba kamu perhatikan ibu atau kakak kamu, kalau mereka memiliki dark circle atau mata panda seperti kamu, kemungkinan dark circle yang kamu miliki itu merupakan keturunan.

Dermatologist Dr. Sonia Batra menjelaskan, “Kulit yang lebih gelap atau lebih berwarna zaitun, seperti yang berasal dari Mediterania atau Timur Tengah, dapat memiliki tingkat pigmen (melanin) lebih tinggi di bawah mata, yang mengakibatkan perubahan warna menjadi gelap.”

Biasanya keluarga kamu memiliki jumlah pembuluh darah lebih dari rata-rata dan itu merupakan faktor keturunan. Selain itu, kemungkinan lain adalah keturunan keluarga kamu memiliki kulit bawah mata yang tipis.

Kedua, Iritasi Produk Makeup.

Taukah kamu penyebab lainnya dari dark circle ini? Yaitu sisa make up yang tidak dibersihkan secara benar dan baik. Kemungkinan sisa make up yang kamu kenakan dapat tertinggal pada lipatan mata.

Hal inilah yang bisa menyebabkan iritasi dan menimbulkan rasa gatal, sehingga rasanya kamu selalu ingin menggosok bagian tersebut yang akan membuatnya menghitam.

Dan kamu juga harus hati-hati dengan produk eye-makeup, karena tidak semua eye-makeup dapat membantu dark circle ini. Eye-makeup remover yang mengandung pewangi juga sangat berpengaruh lho atas penyebab timbulnya mata panda.

Ketiga, Mencuci Wajah.

Saat mencuci wajah usahakan jangan terlalu keras ya sahabat Maggie. Kenapa? Karena menggosok kulit wajah terlalu keras dapat menyebabkan kulit kamu menghitam. Termasuk kulit area bawah mata. Jadi, sebaiknya kamu membersihkan wajah dengan menggosoknya sangat lembut, Karen akulit bagian bawah mata sangat sensitive.

Dan bukan hanya itu saja loh! Mencuci wajah dengan kasar juga bisa bikin kulit wajah kamu lebih cepat keriput. Nggak mau kan masih muda tapi sudah keriput? Hehe

Keempat, Akibat paparan sinar matahari.

Ternyata paparan sinar matahari secara berlebihan bisa menjadi penyebab utama dari mata panda ini loh! Sinar matahari menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit dan meningkatkan produksi melanin pada kulit kamu. Inilah yang menyebabkan kulit menghitam, termasuk kulit bawah mata.

Hindari paparan sinar matahari dan gunakan tabir surya setiap hari dengan SPF 30. Concealer dengan satu warna lebih terang dari warna kulit dapat membantu menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata. Disarankan untuk menggunakan concealer dengan SPF 15 atau lebih. Jika kulit Kamu cenderung berminyak atau berjerawat, gunakan concealer bebas minyak.

Kelima, Kurang tidur atau jam tidur tidak teratur.

Nah, jam tidur yang tidak teratur juga menjadi salah satu penyebab dark circle ini loh sahabat Maggie. Jam tidur yang berantakan dan tidak sesuai juga dapat mengakibatkan munculnya area gelap pada mata. Terlalu banyak tidur juga dapat menimbulkan mata panda. Tak hanya itu, posisi tidur yang salah pun dapat menimbulkan mata panda, seperti tidur dengan posisi tengkurap yang menekan bagian perut dan wajah.

Keenam, gaya hidup yang tidak sehat.

Walaupun mata panda dapat ditutupi dengan menggunakan concealer, namun jika memiliki mata asli tanpa lingkaran gelap di bawahnya tentunya jauh lebih baik. Untuk itu dibutuhkan gaya hidup sehat, seperti minum air putih minimal delapan gelas setiap hari, rajin olahraga dan juga banyak mengonsumsi makanan mengandung vitamin K. Selain itu, hindari merokok dan tidur cukup minimal tujuh jam sehari.

Nah, itulah beberapa penyebab dari Dark Circle yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.