Sebelum kamu membeli atau menggunakan skincare ada baiknya kamu memperhatikan kandungan yang tepat pada skincare tersebut. Cara ini dilakukan untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan pada wajah. Selain memperhatikan kandungan tepat yang sesuai jenis kulit, kamu juga harus memperhatikan hal-hal yang sebaiknya tidak diaplikasikan pada wajah. Seorang dokter bedah plastic holistic asal amerika, Anthony Youn, mengatakan bahwa sebaiknya kamu jangan pernah mengaplikasikan beberapa hal berikut pada wajah, karena berpotensi merusak kulit.

Kira-kira hal apa saja ya yang menurutnya tidak baik bagi kulit wajah?

Alkohol

Saat ini banyak produk perawaatan kulit wajah, seperti Toner yang mengandung Alkohol yang berlebih didalamnya. Mungkin setelah memakai toner kamu merasa wajah kamu menjadi lebih segar dan bersih, namun kenyataanya tidak seperti itu. Anthony menilai bahwa menggosokkan alkohol pada wajah akan menghilangkan semua minyak dan sebum yang ada pada kulit. Hal ini justru menyebabkan kulit kembali memproduksi minyak lebih banyak, sehingga wajah semakin terasa berminyak. Alih-alih menggunakan produk berbahan alkohol, kamu bisa menggunakan produk berbahan oil sebagai pembersihagar kulit wajah tetap terjaga kelembapannya. Mungkin ada sebagian skincare yang menggunakan alkohol, tapi dengan kandungan yang rendah. So, buat kamu yang mau membeli toner kamu bisa tanyakan dulu kadar dari kandungan alkohol itu sendiri ya.

Sabun Batang

Sebagian besar wanita mungkin sudah jarang menggunakan sabun batang sebagai pembersih wajah. Namun, masih banyak pria yang menilai bahwa sabun batang merupakan cara praktis untuk membersihkan tubuh serta wajah. Jangan ragu mengingatkan mereka yang masih menggunakan sabun batang sebagai pembersih wajah.

Pasalnya, Anthony berpendapat bahwa hal ini dapat merusak kulit. Sabun batang mengandung zat sodium lauryl sulfate yang membuat busa sabun menjadi sangat banyak. Nah, kandungan ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Maka itu, tetap gunakan sabun batang pada bagian tubuh saja dan jauhkan pada area wajah, ya!

Pelembab Tubuh

Pernah gak kamu berpikir menggunakan pelembab tubuh diwajah dan mengharapkan efek yang sama? Kalo pernah, waaaah sebaiknya kamu jangan melakukan ini ya! Anthony menyarankan untuk menggunakan skin care sesuai dengan fungsinya. Pelembap tubuh memang baik untuk tubuh, tapi tidak untuk wajah. Serupa dengan petroleum jelly, pelembap tubuh dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan break out bila digunakan pada wajah. Agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan, tetap gunakan pelembap sesuai dengan fungsinya masing-masing, ya!

Petroleum Jelly

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan kandungan petroleum jelly dalam skin care. Meski banyak dimanfaatkan oleh khayalak sebagai pelembap alami, Anthony menganggap bahwa kandungan ini tidak direkomendasikan untuk diaplikasikan pada kulit wajah. Menurutnya, jelly memang tidak buruk, tetapi petroleum sebenarnya berasal dari bagian bawah barel minyak bumi, dan ini tidak baik untuk kulit. Terlebih lagi untuk kulit yang berjerawat karena dapat menyumbat pori-pori.

Nah, hal ini sangat penting ya untuk diketahui sebelum memakai skincare. Agar tidak menimbulkan efek yang berbahaya untuk kulit wajah kamu.