Berbicara tentang skincare, pasti sangat identik dengan perawatan kulit yang dilakukan wanita. Sehingga pria dikesampingkan dari topik ini karena dianggap tidak memahami perawatan kulit. Jarak antara pria dan skincare pun semakin jauh karena adanya stigma bahwa pria yang menggunakan skincare dengan rutin bukanlah pria sejati.

Padahal fungsi utama skincare bukan hanya membuat wajah mulus dan cerah, tapi juga menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari berbagai masalah kulit wajah. Dan mungkin juga menggunakan skincare bisa dianggap ribet bagi sebagian pria. Padahal kulit tidak akan optimal kondisinya jika hanya menggunakan sabun muka setiap hari.

Sebenarnya untuk urutan skincare wanita maupun pria sama saja. Namun, kadang kebutuhan wanita lebih banyak dari pada pria. Nah, kalo kamu mau skincare dengan cara yang simple, kamu bisa ikuti step-step dibawah ini!

Membersihkan Wajah

Dalam melakukan perawatan wajah, kommponen utama adalah membersihkan wajah. Mengingat lapisan kulit pria yang cenderung lebih berminyak dibanding wanita, namun menggunakan Cleanser yang memberikan efek bersih kesat justru merusak Skin Barrier. Pembersih seperti itu akan mengikis lapisan pelembap alami kulit sehingga bisa menyebabkan kulit mengalami dehidrasi. Karena itu diperlukan face wash atau cleanser yang memiliki fungsi melembapkan sekaligus Salicylic Acid untuk mengontrol produksi minyak berlebih.

Gunakan Toner

Kamu memiliki permasalah dengan jerawat? Nah, toner bisa menjadi solusi kulit yang bebas dari jerawat loh! Kamu bisa memilih toner dengan kandungan AHA/BHA untuk membersihkan pori-pori. Karena pori-pori yang besar merupakan salah satu penyebab jerawat. Terutama dengan aktivitas pria yang tentunya lebih banyak dari wanita, dapat menjadi factor utama pertumbuhan jerawat dan kulit berminyak.

Aplikasikan Pelembap

Setelah menggunakan moisturizer mungkin kulit akan terasa lengket. Itulah alasan kenapa pelembap dianggap sebagai tahapan perawatan wajah yang justru menambah minyak pada wajah. Akan tetapi tanpa pelembap kulit justru akan kekurangan hidrasi dan berakhir dengan meningkatnya produksi kelenjar minyak untuk mencegah kulit dehidrasi.

Untuk mengatasi ini sudah banyak formula pelembap dengan kandungan hidrasi tinggi namun bertekstur ringan. Beberapa bahkan merancang pelembap dengan tekstur gel atau lotion yang lebih mudah menyerap di kulit tanpa menyisakan residu minyak di permukaanya.

Pakai Sunscreen

Entah pria ataupun wanita, dalam penggunaan sunscreen memang sudah seharusnya dirutinkan ya. Sinar UV yang menyentuh kulit kita setiap hari dapat menyebabkan kanker kulit, menjadi penyebab utama kerusakan kulit dan munculnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan. Sementara itu sunscreen adalah produk yang paling ampuh untuk menangkal dampak buruk sinar UV dan kebanyakan pria tidak memahami betul fungsi proteksi dari tabir surya. Dibanding menggunakan moisturizer yang mengandung SPF, akan lebih baik jika Anda mencari sunscreen dengan kandungan yang melembapkan.

Sebenarnya perawatan kulit bukan Cuma wajib dilakukan oleh wanita loh, pria juga harusnya melakukan perawatan wajah. Karena keelastisan kulit tiap orang berbeda-beda ya sahabat Maggie. Dan ingat ya, untuk perawatan kulit wajah normal harus dibedakan dengan kulit wajah yang berjerawat.