Memiliki wajah yang berminyak adalah hal yang sangat mengganggu. Pria ataupun wanita yang memiliki wajah berminyak, pasti mengurangi rasa percaya dirinya saat akan tampil di depan umum. Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan minyak berlebih diwajah. Karena selain menimbulkan rasa tidak nyaman, minyak berlebih juga dapat membuat wajah tampak kusam. Saat wajah berminyak dkotoran seperti debu dan bakteri akan mudah menempel pada wajah, sehingga wajah terlihat kusam.

Ternyata bukan hanya kusam, kondisi seperti ini juga membuat wajah menjadi rentan munculnya jerawat. Bayangkan jika wajah kamu berminyak lalu berjerawat ? tentunya kamu harus ekstra dalam merawat kulit wajah kamu ya. Tapi kamu nggak usah khawatir, untuk mengatasi masalah kulit wajah kamu yang berminyak, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Simak ya!

Mencuci wajah secara rutin

Nah, hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah adalah dengan mencuci wajah secara rutin. Mencuci wajah secara rutin bukan berarti mencuci wajah dengan sering ya. Karena mencuci wajah terlalu sering dapat menyebabkan produksi minyak di wajah bertambah bukannya berkurang. Saat wajah Anda terlalu kering dan kesat, kulit justru akan semakin giat dalam menghasilkan minyak. Hal itu karena wajah yang dalam kondisi terlalu kering, maka kulit membutuhkan kelembapan dalam bentuk minyak di wajah.

Kamu cukup mencuci muka dua kali saja ya dalam sehari, yaitu ketika mandi pagi dan setelah berkegiatan sehari-hari. Hindari juga mencuci wajah dengan air yang terlalu panas karena air yang terlalu panas dapat menghilangkan kelembapan alami pada kulit.

Gunakan Pembersih Wajah Yang Tepat

Dalam memakai produk pembersih wajah pun kamu harus seuaikan dengan jenis kulit wajahmu. Apalagi sekarang sudah banyak produk pembersih wajah yang tersedia di pasaran. Nah, kamu bisa memilih pembersih wajah yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit wajah kamu. Kamu bisa menggunakan cleansing oil atau micellar water (milk cleanser) untuk membersihkan wajah kamu dari make up, debu dan lain-lain.

Untuk kamu yang biasa menggunakan make up tebal, kamu bisa menggunakan cleansing oil. Meski Anda memiliki kulit yang berminyak, Anda bisa gunakan cleansing oil untuk menghapus make up. Pastikan Anda membasuh wajah terlebih dahulu agar tidak ada sisa minyak yang menempel di wajah.

Untuk menghapus make up yang ringan, penggunaan micellar water atau milk cleanser sudah cukup bagus untuk menghapus minyak dan kotoran yang terdapat pada wajah. Selanjutnya, tetap gunakan facial wash agar wajah Anda semakin bersih. Hindari facial wash dengan formulasi yang terlalu keras untuk menghindari kulit wajah yang kering dan kulit wajah yang tertarik.

Gunakan Clay Mask untuk Mengontrol Minyak

Clay mask merupakan salah satu jenis masker yang cukup ampuh untuk menghilangkan minyak pada wajah. Caly mask mampu menghilangkan minyak berlebih sekaligus dapat menghilangkan jerawat. Karena clay mask mampu menyerap produksi minyak berlebih pada kulit wajah kamu serta mengangkat kotoran pada pori-pori wajah.

Nah, untuk kamu yang mempunyai kulit wajah yang kombinasi, kamu bisa mengaplikasikan clay mask hanya pada bagian-bagian tertentu saja seperti pada area hidung dan dahi.

Aplikasikan Masker

Mengaplikasikan masker juga sangat penting untuk merawat kulit wajah kamu yang berminyak. Kamu bisa menggunakan masker oatmeal, oatmeal merupakan salah satu bahan makanan yang efektif dalam menghilangkan minyak berlebih di wajah. Oatmeal mempunyai kandungan serat yang tinggi yang bukan hanya bermanfaat bagi tubuh, juga dapat digunakan sebagai masker wajah untuk menghilangkan minyak.

Cara membuat masker wajah dengan oatmeal ini pun cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan oatmeal dengan air dan aduk hingga berbentuk pasta, kemudian aplikasikan pada wajah kamu secara merata. Diamkan sampai kering, lalu gosok wajah kamu dengan arah memutar.

Gunakan Skincare

Jika kamu sudah melakukan langkah-langkah alami dalam mengatasi kulit wajah berminyak. Kamu juga bisa menggunakan skincare untuk kulit wajah berminyak, agar hasilnya lebih optimal. Pakailah skincare khusus untuk kulit wajah yang berminyak atau kamu bisa mengkonsultasikan masalah kulit wajah kamu terlebih dahulu sebelum memakai skincare.

Nah, salah satu skincare terbaik yang harus kamu gunakan adalah skincare Maggie glow acne series. Maggie glow acne series ini sangat ampuh dalam mengatasi setiap masalah kulit wajah kamu, mulai dari berminyak, berjerawat, kusam dan lain-lain. Mempunyai kandungan alpha arbutin yang mampu mencerahkan kulit wajah kamu secara alami. Sudah lulus uji BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) dan halal. Maggie glow acne series ini juga aman banget untuk ibu hamil loh.

Oke sahabat Maggie, itulah beberapa tips mudah untuk mengatasi kulit wajah berminyak yang bisa kamu lakukan dirumah. Jika kamu mempunyai masalah wajah harus segera diatasi ya, jangan di diamkan terus menerus.