Merupakan sebuah impian bagi setiap orang untuk memiliki kulit wajah yang sehat, mulus dan halus. Bahkan banyak sekali cara yang dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang halus dan mulus, khusunya wanita. Dari menggunakan produk yang mahal sampai yang abal-abal, hanya untuk mendapatkan penampilan yang sempurna. Tapi lebay banget nggak sih kalo kaya gitu ? padahal, belum tentu produk yang kita gunakan itu cocok untuk kulit wajah kita loh!

Daripada menghabiskan uang hanya untuk perawatan yang belum jelas, kenapa tidak mencoba melakukan perawatan alami. Selain aman, bahan-bahan alami juga dapat ditemukan didapur rumah kita loh. Tidak menimbulkan efek samping yang akan membuat wajah kita iritasi.

Nah, salah satu bahan alami yang udah pasti kamu temuin didapur adalah beras. Beras bukan hanya bisa dimasak lalu dimakan saja loh, tapi juga bisa dijadikan perawatan alami. Kamu bisa giling beras ini menjadi bubuk beras. Air atau susu yang ditambahkan ke bubuk beras membuat pasta, yang bisa digunakan sebagai masker wajah. Sementara, air beras adalah air kaya nutrisi yang berasal dari perendaman atau pencucian nasi mentah. Air beras terlihat mendung dalam penampilannya.

Kenapa Beras Bisa Memutihkan Wajah ?

Beras mengandung konsentrasi tinggi PABA (Para aminobenzoic acid) yang merupakan tabir surya yang sangat bagus. PABA juga dapat meningkatkan kadar vitamin C di tubuh. Beras juga mengandung asam ferulic dan allantoin yang berfungsi sebagai zat pelindung matahari. Asam ferulic adalah zat antioksidan sedangkan allantoin merupakan agen antiinflamasi yang baik.

Selain itu air beras juga bisa menjaga kulit wajah kita tetap awet muda dan putih berseri.

Menjadikan Air Beras Sebagai Toner

Mencuci wajah dengan air beras dapat membuat kulit wajah lebih putih dan bersih. Namun, yang namanya perawatan baik secara alami maupun menggunakan produk tertentu tidak ada yang instan ya. Semuanya tetap butuh proses. Caranya pun cukup mudah, rendam beras pada mangkuk yang bersih, bersihkan beras. Lalu, tiriskan air beras ke dalam mangkuk bersih lainnya. Percikan air beras ke wajah kamu secara berulang. Untuk meringankan kulit lebih baik lagi, jangan keringkan wajah kamu dengan handuk, tapi biarkan lembab sampai kering.

Lakukan cara ini seminggu sekali/ beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Asam ferulic dalam beras bukanlah asam yang sangat kuat, dan airnya akan mengencerkan / memperlemah solusinya lebih lanjut, jadi jangan gunakan air beras ini jika kulit Anda sensitif.

Menjadikan Air Beras Sebagai Masker

Selain bisa dijadikan toner, beras juga bisa kamu jadikan sebagai masker. Cara membuat masker beras ini cukup mudah, pertama kamu hanya perlu menggiling/ menumbuk segenggam beras menjadi bubuk halus. kamu bisa menggunakan penggiling kopi untuk menggilingnya. Tambahkan susu, lalu campurkan dengan beras bubuk yang sudah dihaluskan, aduk hingga menjadi pasta. Setelah itu, kamu bisa mengoleskan pasta ini ke wajah dan leher. Diamkan selama 10-20 menit, lalu cuci wajah hingga bersih.

Lakukan hal ini sekitar seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Pasta beras akan membuat kulit lebih awet muda dan lebih halus.

Menjadikan Beras Sebagai Kosmetik dan Perawatan Alami Kulit

Ada beberapa kegunaan beras untuk perawatan kulit dalam kosmetik. Diantaranya:

  • Berfungsi dalam menyerap minyak agar mendapatkan hasil matte.
  • Banyak krim kulit anti penuaan mengandung ceramida yang diekstraksi dari Ceramides dalam beras meniru kulit kita dengan tajam, yang bisa memberi kesan lebih awet muda.
  • Make-up mineral serbuk beras digunakan dalam beberapa bedak yang tabur¬†atau padat. Hal ini terutama ditemukan dalam mineral make-up. Serbuk beras melakukan pekerjaan yang baik untuk menutupi noda dan kekurangan untuk memberi kulit halus, namun masih dapat memungkinkan kulit bernafas dan tidak menyumbat pori-pori.

Oke sahabat Maggie, berikut adalah cara memutihkan wajah dengan beras secara alami. Yakin nggak mau mencobanya ? kalian bisa mencobanya dirumah ya!