Cara mengatasi kulit wajah kering

Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat, termasuk didalamnya adalah keadaan kulit yang sehat. Tetapi tanpa disadari terkadang kulit menjadi tidak sehat, ciri-ciri kulit tidak sehat adalah dengan keadaan kulit kering. Kulit kering bisa saja terjadi pada siapa saja, karena kulit kering terjadi karena kurangnya cairan pada bagian luar kulit. Kulit kering yang parah juga bisa menyebabkan iritasi, selain itu tentu membuat Anda menjadi tidak percaya diri karena kulit kering tidak bisa disembunyikan.

Apakah Anda tidak ingin melakukan perawatan untuk membuat kulit Anda menjadi sehat? Lalu bagaimana cara mengatasi kulit wajah kering? Tenang, Anda tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mulai dari penyebab kulit kering hingga cara mengatasi kulit wajah kering. Simak dan baca artikel ini sampai habis, agar Anda bisa mengerti dan langsung melakukannya saat ini.

Dalam dunia kedokteran, kulit kering ini memiliki nama lain yaitu xerosis atau xeroderma. Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa kulit kering ini bisa terjadi pada siapa saja, tidak mengenal umur, tidak mengenal jenis kelamin semua tergantung dari tingkat kesadaran akan kesehatan secara pribadi mulai dari lingkungan tempat tinggal, kondisi kesehatan dan lain sebagainya. Tetapi untuk mereka yang sudah lanjut usia, mereka lebih rentan untuk mengalami masalah kulit kering ini.

Kulit kering ini bisa saja dialami sepanjang hidup tetapi ada juga yang hanya bersifat sementara. Itu berarti mereka masih bisa menghilangkan masalah kulit kering ini dengan melakukan perawatan. Bagaimana Anda mengetahui apakah Anda termasuk yang mengalami masalah kulit kering? Berikut ciri-ciri dari kulit kering, pada tahap awal biasanya Anda akan merasakan kulit menjadi sedikit kasar, dan di saat kulit terkena air (mandi atau berenang) maka kulit juga akan terasa gatal dan kemerahan. Dan ciri umum lainnya adalah akan muncul pola yang sedikit retak dan berwarna putih pada bagian dasar kulit, dan tidak menutup kemungkinan kemudian dari retakan tersebut akan menyebabkan kulit terlihat seperti sisik lalu mengelupas. Jika masalah kulit kering ini tidak diobati maka akan semakin parah hingga kulit menjadi berdarah karena retakan yang terlalu dalam.

Setelah mengetahui ciri-ciri dari kulit kering, tentu Anda merasa penasaran apa penyebab dari kulit kering tersebut. Berikut penyebab kulit menjadi kering yang tidak pernah kita sadari:

 

  • Iritasi yang disebabkan karena penggunaan parfum, deterjen dan pakaian
  • Terlalu keras dan kasar saat menggosok kulit
  • Penggunaan sabun yang salah
  • Mandi air panas/uap terlalu sering
  • Perubahan cuaca
  • Faktor usia

 

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

 

Menggunakan sabun pembersih yang tepat

Mandi disarankan untuk dilakukan minimal 2 kali dalam sehari, jangan terlalu sering melakukannya karena akan menyebabkan minyak alami yang terdapat dalam kulit akan hilang dan menjadikan kulit kering. Pastikan Anda mandi dengan cukup selama sehari, gunakan sabun pembersih dan sabun wajah yang tepat. Perlu disadari bahwa kulit adalah salah satu bagian tubuh yang sensitif, jika setelah Anda menggunakan sabun pembersih dan wajah lalu kulit Anda menjadi mengering dan mengencang maka produk yang Anda gunakan tidak cocok untuk jenis kulit yang Anda miliki. Pilihlah sabun wajah dan pembersih yang sesuai dan tepat, ada baiknya untuk memakai tidak memakai produk yang mengandung sodium lauryl sulfate karena hanya akan menghilangkan kelembaban kulit Anda.

 

Cara mengatasi kulit wajah kering dengan mudah

 

 

Menggunakan pelembab yang tepat

Penggunaan sabun pembersih dan wajah disarankan untuk yang mengandung pelembab agar tetap dapat menjaga kesehatan kulit. Tetapi penggunaan sabun saja ternyata tidak cukup untuk memastikan kulit tetap dalam keadaan sehat dan terhindar dari masalah kulit. Gunakanlah pelembab kulit setelah mandi agar dapat menjaga kulit sepanjang hari, terlebih bagi mereka yang memiliki aktivitas sibuk di luar ruangan, karena cuaca juga sedang tidak menentu. Pilihlah pelembab kulit yang mengandung banyak nutrisi untuk kulit Anda.

 

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Perlu diketahui bahwa tubuh setidaknya harus memiliki 70% cairan, apabila cairan tersebut kurang dari yang seharusnya maka akan menyebabkan kulit menjadi kering, pecah-pecah dan bisa saja semakin lebih parah.
Disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air mineral minimal 2-3 liter dalam sehari sehingga kulit tidak perlu mengalami dehidrasi.

Cara mengatasi kulit wajah kering dengan bahan alami buah alpukat, pisang, dan pepaya

Buah alpukat, pisang dan pepaya dikenal dengan serat yang bagus untuk melancarkan pencernaan. Tetapi selain bagus untuk pencernaan, buah-buah tersebut memiliki khasiat lain untuk kecantikan yaitu dapat mengatasi kulit kering.

Anda cukup dengan menjadikan buah alpukat, pisang dan pepaya ini sebagai masker di bagian kulit kering selama 15 menit. Lalu bilas menggunakan air bersih (air hangat), dan keringkan area tersebut menggunakan handuk halus dan lembut.

Cara mengatasi kulit wajah kering dengan bahan alami buah apel

Dengan mengkonsumsi buah apel dipercaya dapat meremajakan kulit sehingga kulit pun akan menjadi sehat. Penggunaan ampas apel dapat mengatasi kulit kering, semua itu disebabkan karena apel memiliki zat kalium dan tanin yang mampu menjaga kelembaban kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat, tidak kusam dan tidak akan mudah kering.

Cara mengatasi kulit wajah kering dengan mentimun

Kulit tetap harus mendapatkan cairan yang cukup, dan mentimun memiliki kandungan air yang banyak. Maka dari itu dengan menjadikan mentimun sebagai masker wajah akan membantu kulit untuk mendapatkan cairan sehingga terhindar dari dehidrasi.

Mentimun memang sangat besar manfaatnya untuk kecantikan. Cara penggunaannya pun tidak sulit dan juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk membeli produk kecantikan di luar. Anda cukup memarut mentimun yang sudah dibersihkan, lalu oleskan pada area kulit yang kering dan diamkan selama 15 menit setelah itu bilas menggunakan air dingin.

 

 

Jika Anda menyadari bahwa saat ini mengalami ciri-ciri dari kulit kering, ada baiknya untuk mendatangi dokter kulit agar mengetahui jenis perawatan seperti apa yang baik dilakukan sebelum melakukan cara mengatasi kulit wajah kering di atas.

Berikut beberapa cara mengatasi kulit wajah kering yang bisa Anda ikuti, lakukan perawatan dengan rutin dan maksimal agar Anda mendapatkan kulit menjadi sehat dan segar. Supaya Anda bisa melakukan segala aktivitas dengan nyaman dan juga percaya diri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.