Cara menghilangkan jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sangat tidak ingin dimiliki oleh hampir semua orang, karena jerawat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri tampil di depan umum. Jerawat batu atau jerawat kistik merupakan salah satu jenis jerawat yang sangat sering menjadi keluhan dan juga menjadi mimpi buruk bagi mereka yang mengalaminya. Jerawat batu tumbuh dengan subur dan dalam bentuk yang cukup besar seperti namanya.

 

Bagaimana cara menghilangkan jerawat batu?

Sebelum membahas cara menghilangkannya, ada baiknya untuk mengetahui apa itu jerawat batu? Jerawat batu mungkin saja muncul akibat dari hormon androgen. Peningkatan hormon androgen ini dapat meningkatkan produksi minyak berlebih dan akan beresiko terjadinya penumpukan bakteri pada wajah dan menyumbat pori-pori pada wajah, sehingga pada akhirnya jerawat akan tumbuh subur dan membesar dan dikenal dengan sebutan jerawat batu. Selain hormon androgen, jerawat batu disebabkan karena beberapa hal lainnya. Seperti siklus menstruasi, masa kehamilan atau Anda yang memasuki masa menopause atau penyebab yang tak bisa dihindari adalah karena faktor genetik. Jerawat batu pada umumnya berwarna kemerahan disertai dengan benjolan yang memiliki nanah putih, terkadang disekitar jerawat batu berada akan terasa gatal. Pada umumnya jerawat batu bisa dialami oleh siapa saja baik muda atau tua, tetapi secara garis besar paling sering terjadi dan dialami oleh mereka yang masih memiliki hormon sangat produktif yaitu mereka yang berusia muda (remaja-dewasa). Jerawat batu sama seperti jerawat lainnya yang tidak muncul hanya di wajah, tetapi juga bisa muncul di bagian punggung, dada, bahu atas atau mungkin bagian lengan.

Anda sedang mengalami masalah jerawat batu? Tak perlu khawatir karena jerawat batu bisa disembuhkan dengan melakukan perawatan ke dokter atau perawatan menggunakan bahan alami. Perlu diperhatikan, untuk Anda yang menganggap remeh jerawat batu maka persiapkan diri Anda untuk menerima jerawat batu semakin banyak di kulit wajah Anda dan jerawat batu akan semakin permanen pada kulit wajah. Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut terjadi, atasi segera dengan berkonsultasi ke dokter kecantikan atau dokter spesialis kulit dan kelamin.

 

Baca juga :  PRODUK PENGHILANG JERAWAT DAN BEKAS JERAWAT

 

Cara menghilangkan jerawat batu

bedak untuk menghilangkan jerawat

 

 

Es Batu

Pada faktanya suhu dingin yang dimiliki oleh es batu mampu mengatasi peradangan dan mengurangi inflamasi. Sehingga dengan mengompres es batu pada jerawat batu dipercaya dapat mengatasi peradangan yang ada. Lakukan pada 2 kali sehari, pada pagi sebelum memulai aktifitas dan pada malam hari sebelum Anda tidur.

 

Lidah Buaya

Selain memiliki sifat yang menenangkan, lidah buaya juga memiliki kandungan asam salisilat yang dipercaya dapat mengatasi jerawat. Gunakan lidah buaya sebagai pelembab wajah 1-2 kali dalam seminggu atau pada saat dibutuhkan.

 

Teh Hijau

Teh hijau yang sangat kaya akan antioksidan ini juga dipercaya dapat mengurangi peradangan yang terjadi di saat Anda mengalami jerawat batu. Gunakan kapas untuk mengambil air seduhan teh hijau yang telah dingin dan aplikasikan pada kulit wajah yang terdapat jerawat batu, biarkan hingga mengering lalu bilas dan terakhir bersihkan dengan handuk bersih lakukan dengan menepuk lembut handuk.

 

Lemon

Kandungan asam sitrat yang terdapat pada lemon dipercaya dapat mengeringkan jerawat terutama pada jerawat batu. Jika kulit Anda terlalu sensitif, Anda bisa menggabungkan air perasan lemon dengan sedikit air putih untuk mengurangi kadar asam pada lemon itu sendiri.

 

Kulit Jeruk

Kulit jeruk memiliki kandungan vitamin c dan juga asam alpha hidroksi yang mana merupakan salah satu bahan alami di mana memiliki kandungan yang dipercaya mampu untuk mengatasi kulit berjerawat. Penggunaan kulit jeruk sebagai masker juga mampu dipercaya untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat.

 

Oatmeal

Perpaduan antara oatmeal dan air membuktikan dapat membersihkan pori-pori serta mengikis sel kulit mati yang ada. Perpaduan ini juga dapat menjaga pH atau asam agar tetap seimbang.

 

 

Lakukan cara ini untuk mencegah jerawat batu agar tidak berani muncul kembali.

Setelah mengetahui beberapa cara untuk mengatasi jerawat batu, tentunya Anda menginginkan jerawat batu tersebut untuk tidak muncul dan menghantui Anda bukan? Lakukan beberapa tips pencegahan jerawat batu muncul kembali yang akan kami berikan kepada Anda.

 

Rajin membersihkan wajah secara rutin

Bersihkan wajah minimal 2 kali dalam sehari, yang dilakukan pada pagi dan malam hari. Pilihlah pembersih wajah yang mampu mengangkat kotoran serta minyak berlebih pada wajah, dan di saat Anda sedang berjerawat hindarilah penggunaan scrub yang hanya akan menimbulkan iritasi pada kulit.

 

Jangan sampai salah memilih produk kecantikan

Pilihlah produk kecantikan yang memberikan label non-comedogenic dan juga produk yang bebas dari minyak. Karena ketika Anda salah memilih produk kecantikan, hanya akan memperburuk keadaan kulit Anda dan secara perlahan masalah-masalah kulit akan bermunculan

Gunakan tabir surya setiap hari

Anda sedang melakukan perawatan untuk kulit berjerawat, maka lengkapilah dengan penggunaan tabir surya. Menggunakan tabir surya mampu mencegah kulit Anda untuk terkena paparan sinar matahari langsung dan juga mencegah resiko terkena kanker kulit.

 

Di saat jerawat batu muncul, segera lakukan beberapa langkah untuk mengatasi jerawat batu seperti yang sudah disebutkan di atas. Jangan sesekali untuk menganggap remeh jerawat batu, dan lakukan juga tips pencegahan agar jerawat batu tidak muncul kembali. Selalu ingat untuk menjaga kesehatan kulit dan jalankan pola makan yang sehat dan bergizi.