Memiliki komedo memang sangat mengganggu, sudah berbagai cara dilakukan untuk membuat wajah terbebas dari komedo. Sudah berbagai macam produk juga dicoba, tapi tidak ada hasil yang signifikan. Komedo sering membuat kita merasa minder dan sedih.

Sebenarnya, tidak ada salahnya kalau kamu mencoba perawatan alami untuk menghilangkan komedo loh. Daripada salah dalam memilih produk, lebih baik mencoba perawatan alami. Kamu bisa mengikuti cara-cara dibawah ini, untuk menghilangkan komedo secara alami dengan mudah. Simak yuk!

Apasih Komedo Itu ?

Sebelum kita membahas cara menghilangkan komedo secara alami, kita harus tau dulu sebenarnya komedo itu apasih ? agar bisa optimal dalam membersihkannya dari wajahmu. Komedo adalah benjolan (papula) kecil yang ada pada peermukaan kulit. Bukan hanya wajah, komedo juga bisa muncul dibeberapa anggota tubuh lainnya seperti leher, dada, punggung bahkan lengan.

Popula terjadi karena sel kulit mati dan berminyak yang terkumpul di ujung luar folikel rambut. Komedo ada yang berwarna putih dan hitam.

Nah setelah kamu tau komedo itu apa, sekarang kamu harus tau penyebab timbulnya komedo.

Penyebab Timbulnya Komedo di Wajah

Komedo muncul karena banyak faktor, entah faktor dari luar atau faktor dari dalam. Sebelum kamu mencari cara menghilangkan komedo secara alami, kamu harus tau dulu penyebab komedo nya ya. Bukan hanya meghilangkan, tapi kamu juga harus tau bagaimana cara agar komedo itu tidak kembali lagi.

  1. PMS ( Premenstrual Syndrome )Saat kamu mengalami menstruasi, produksi hormone estrogen dan progesterone akan berkurang. Tapi, hormone androgen menjadi dominan sehingga merangsang aktivitas kelenjar sebum. Produksi sebum yang berlebih itu akan memicu penyumbatan pada folikel rambut di bawah kulit. Penyumbatan itulah yang nantinya akan memicu munculnya komedo. Jangan diabaikan ya, komedo yang tidak diatasi bisa saja akan menumpuk.
  2. Malas Mencuci MukaSetelah beraktivitas lama diluar ruangan, kamu pasti merasa lelah. Ketika pulang pasti ingin langsung tidur daripada mencuci muka. Padahal mencuci muka itu penting loh. Kotoran dan debu yang menempel diwajah kamu pun tidak akan menghilang. Kalau kamu malas cuci muka, jangan heran jika wajahmu dipenuhi dengan komedo.
  3. Mengonsumsi Makanan BerlemakPola makan yang tidak terjaga merupakan hal yang bisa memicu komedo. Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak produksi minyak dalam tubuh kamu akan meningkat. Seimbangkan makanan yang sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Karena menjaga kesehatan dari dalam maupun dari luar sama-sama penting.
  4. Penggunaan KosmetikDalam memilih produk kosmetik kamu harus hati-hati ya. penggunaan beberapa jenis make up seperti bedak, foundation ataupun pelembab yang terlalu tebal dapat memicu munculnya komedo. Tapi kalau kamu diharuskan untuk memakai make up, kamu bisa mencuci wajah setiap kali selesai beraktivitas. Hindari kosmetik yang berbahaya, jangan tidur dengan posisi make up yang masih menempel ya. Karena itu akan membuat komedo mu nambah menumpuk.

Setelah kamu tau penyebab dari komedo itu muncul, barulah kamu mencari cara menghilangkan komedo secara alami dengan mudah.

Cara menghilangkan komedo secara alami

Lemon

Lemon adalah buah yang mempunyai kandungan Vitamin C dan juga asam alfa hidrokis. Asam yang terkandung didalam lemon dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Sehingga cocok sekali dijadikan bahan alami untuk menghilangkan komedo.

Caranya mudah sekali, peras buah lemon dan oleskan air perasan nya pada area wajah berkomedo. Diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Jeruk Nipis

Kedua, ada jeruk nipis. Sama dengan lemon, jeruk nipis juga diperkaya akan antioksidan dan vitamin C. Yang mampu membuatkulit terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih dan mengangkat sel kulit mati. Maka dari itu jeruk nipis dipercaya dapat menghilangkan komedo secara alami. Caranya hampir sama dengan pengaplikasian lemon.

Kulit Jeruk

Siapa bilang jeruk hanya punya manfaat pada buah nya saja, kulit jeruknya pun sangat banyak manfaatnya loh. Kadar antioksidan pada kulit jeruk akan membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan dapat membersihkan pori-pori.

Kulit jeruk ini bisa kamu jadikan masker loh, caranya gampang. Jemur kulit jeruk sampai benar-benar kering, lalu tumbuk hingga halus. Campurkan bubuk kulit jeruk dengan air sedikit sampai berbentuk pasta.

Oleskan pasta kulit jeruk pada area wajah yang berkomedo, lalu diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat sampai bersih.

Gimana nih, setelah mengetahui komedo itu apa, penyebab komedo dan cara menghilangkannya. Apa kamu sudah tau apa yang harus kamu lakukan ? hehe semoga dapat membantu ya!