Cara Merawat Wajah Agar Putih Bersih

Memiliki kulit wajah kusam tentu sangat menyebalkan bukan?

Memang untuk merawat wajah agar kelihatan putih, bersih dan cerah secara alami tidaklah mudah tetapi tidak dikatakan sulit juga sahabat Maggie. Ada banyak cara yang dapat sahabat Maggie lakukan mulai dari perawatan alami hingga melakukan perawatan di dokter kecantikan.

Tapi sudah tentu merawat wajah secara alami lebih disarankan oleh para ahli karena lebih relatif lebih aman dan murah jika harus dibandingkan melakukan perawatan menggunakan produk-produk yang mengandung bahan kimia.

 

Cara merawat wajah agar putih bersih alami sehari-hari

Ada kunci yang harus dimiliki oleh sahabat Maggie agar dapat mendapatkan kulit wajah yang cantik dan mulus, yaitu merawatnya secara rutin. Karena tidak ada satu hal pun di dunia ini yang bisa didapatkan dan terjadi secara instan tanpa sebuah proses. Di bawah ini ada beberapa cara perawatan wajah alami yang dapat sahabat Maggie lakukan agar mendapatkan kulit yang cerah maksimal, dan tentunya jangan lupa untuk melakukannya secara rutin. Simak caranya di bawah ini ya!

 

Membersihkan wajah sehari 2 kali menggunakan sabun pembersih wajah khusus

Membersihkan wajah adalah langkah pertama yang sangat penting dalam melakukan perawatan wajah secara alami, terutama pada saat sahabat Maggie membutuhkan sebuah perawatan wajah dalam mengatasi jerawat sudah dipastikan langkah pertama ini tidak boleh Anda lupakan.

Bahkan akan lebih baik Anda membersihkan wajah di pagi dan malam hari menggunakan sabun pembersih wajah yang berbeda. Karena pada pagi hari wajah sahabat Maggie hanya akan membersihkan sel kulit mati, sedangkan pada malam hari pembersih wajah Anda akan memiliki tugas yang lebih berat yaitu membersihkan segala debu, kotoran, minyak serta make up yang telah menempel dan mengikuti Anda selama satu hari penuh.

Tidak lupa perawatan pada malam hari tidak berhenti pada saat Anda sudah membersihkan wajah, karena terkadang masih saja ada make up, sunscreen atau kotoran yang belum terangkat secara sempurna dari wajah. Sehingga Anda harus memastikan bahwa wajah Anda sudah benar-benar dalam keadaan bersih, agar pori-pori wajah dapat bernafas secara sempurna.

 

Melakukan exfoliate 2 kali dalam seminggu

Setelah sahabat Maggie sudah membersihkan wajah, cara merawat wajah secara alami selanjutnya adalah dengan melakukan exfoliate. Apa itu exfoliate? Exfoliate adalah sebuah proses pengelupasan kulit yang menggunakan bahan berbentuk scrub. Proses ini juga menjadi sangat penting untuk menghindari wajah dari masalah kulit seperti jerawat.

Lakukan perawatan wajah ini dengan tepat sehingga Anda terhindar dari kulit kering, proses penuaan dini yang terjadi sebelum waktunya, dan pemicu jerawat. Untuk perawatan exfoliate ini sahabat Maggie hanya perlu melakukannya 1-2 kali dalam seminggu dengan bahan alami seperti enzim exfoliator yang bisa Anda temukan pada buah nanas, pepaya atau beras.
Menggunakan toner di malam hari.

Rangkaian perawatan wajah secara alami yang tidak boleh Anda lewatkan salah satunya adalah menggunakan toner setelah Anda sudah membersihkan wajah. Produk kecantikan toner ini akan membantu kulit dalam menyeimbangkan pH.

Disarankan untuk menggunakan toner yang mengandung bahan alami dan dapat melembabkan kulit diantaranya air mawar, cuka sari apel atau campuran chamomile dan green tea.

Tetapi untuk kulit wajah yang berjerawat dan sensitif, Anda dapat memilih toner dengan kandungan salicylic acid karena bahan ini cukup terkenal dalam membantu mengeringkan jerawat yang membandel. Yang pasti sahabat Maggie harus memilih produk toner yang memang sesuai dengan jenis kulit sahabat Maggie.

 

Menggunakan serum wajah di pagi dan malam hari

Belakangan ini banyak jenis serum yang bermunculan dan dijual dipasaran dengan mudah, hal ini dikarenakan banyak artis korea atau beberapa beauty blogger yang menyarankan untuk setiap wanita menambahkan perawatan serum sebagai perawatan wajah alami.

Meskipun serum dikemas dalam botol kecil tetapi manfaat serum ini sangat besar loh sahabat Maggie. Berbentuk gel atau cairan berbasi air membuat setiap molekul kecil di dalamnya dapat terserap secara sempurna ke setiap sel-sel kulit sehingga membuat siapapun yang menggunakannya akan merasakan manfaatnya lebih cepat. Penggunaannya pun disarankan berbeda di pagi dan malam hari karena sama seperti yang telah kami sebutkan pada poin pertama bahwa kebutuhan kulit di pagi dan malam hari berbeda.

Pada pagi hari sahabat Maggie dapat memilih serum dengan kandungan antioksidan, serum yang kaya akan vitamin C, delima, green tea, chamomile atau akar manis karena antioksidan dapat membantu dalam menangkal radikal bebas selama Anda beraktivitas sepanjang hari.

Sedangkan pada malam hari, Anda dapat menggunakan serum yang mengandung retinol sebagai serum yang akan membantu proses regenerasi dan menghambat penuaan dini.

 

Menggunakan pelembab wajah 2 kali dalam sehari

Pelembab termasuk cara perawatan wajah alami yang termasuk penting. Apapun jenis kulit yang dimiliki oleh sahabat Maggie, pelembab akan membantu dalam menyeimbangkan kadar pH kulit. Sekalipun Anda memiliki jenis kulit yang berminyak, Anda tetap membutuhkan pelembab agar tubuh tidak memproduksi sebum atau minyak secara berlebihan.

 

Selain mengikuti cara alami dalam merawat wajah seperti 5 poin diatas, jangan lupa untuk memiliki pola hidup yang sehat ya sahabat Maggie! Anda dapat memulai pola hidup sehat seperti rajin berolahraga, selalu mengkonsumsi buah dan sayuran serta mencukupi cairan dalam tubuh minimal 8 gelas per hari.