Beberapa dari kita mungkin beranggapan acne prone adalah jenis kulit berjerawat yang disebabkan oleh produksi minyak. Tapi pada kenyataannya, acne prone bukanlah jenis kulit, tapi masalah kulit. Memang, tipe kulit berminyak lebih mudah mengalami kondisi mudah berjerawat. Tapi itu bukan satu-satunya alasan kenapa seseorang berjerawatan loh! Buktinya banyak yang memiliki tipe kulit wajah kering rentan dengan masalah jerawat.

Acne prone adalah masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri (bukan hanya hormone) dan sering dialami oleh tipe kulit yang sensitive. Jadi,acne prone itu adalah masalah kulit yang dialami oleh kulit sensitive. Kulit sensitive ini dibagi menjadi dua :

  1. Kulit berminyak sensitive
  2. Kulit kering sensitive

Itu sebabnya, acne prone tidak hanya dialami oleh kulit berminyak. Kulit kering pun rentan dengan masalah jerawat yang menganggu penampilan ini.

Jerawat yang disebabkan oleh bakteri, lebih mudah hilang daripada jerawat yang disebabkan oleh pengaruh hormon. Jerawat yang dipicu oleh bakteri dapat segera hilang jika kita teliti menjaga kebersihan wajah. Dari membersihkan wajah, pemakaian skincare, kebersihan tangan, dan yang sering terabaikan adalah kebersihan tempat tidur, seperti sarung bantal, seprei, dan selimut.

Sebenarnya banyak cara untuk mengatasi masalah kulit acne prone ini, mulai dari cara alami sampai menggunakan skincare. Ada beberapa skincare yang memang dikhususkan untuk masalah kulit wajah seperti ini. Untuk kamu yang mempunyai kulit wajah berminyak, kamu bisa menggunakan skincare untuk masalah kulit acne prone + oily skin.

Lalu bagaimana dengan kulit wajah yang kering ? Nah, untuk kamu yang mempunyai kulit wajah yang kering kamu harus menghindar skincare yang mengandung Benzoyl Peroxide dan Salicylic Acid. Karena kedua kandungan tersebut dapat membuat kulit wajah menjadi lebih kering. Gunakanlah skincare yang mengandung Galactoarabian, karena berfungsi untuk menjaga kelembapan pada kulit dan non-comedogenic. Kamu bisa menemukan kandungan skincare itu di dalam produk kecantikan seperti toner, essence, serum serta cream wajah pagi dan malam.

Jika sudah mengetahui tipe kulit kamu adalah sensitif, dan rentan dengan munculnya jerawat di wajah, jagalah kebersihan kulit dengan disiplin membersihkan wajah.

Aturan membersihkan wajah pun berlaku untuk masalah kulit berjerawat. Hindari membersihkan wajah dengan menggosok kulit terlalu kuat. Pembersih wajah dengan kandungan scrub, sebaiknya dihindari, karena butiran scrub mudah memicu iritasi pada kulit. Sebaiknya gunakan pembersih wajah jenis foam atau gel. Tekstur lembut dari busa yang dihasilkan lebih aman untuk kulit wajah tipe sensitif.

Jadi, sudah tau ya apa itu acne-prone ? sekarang jangan salah lagi dalam mengartikan apa itu acne-prone ya. Jangan sampai masalah seperti ini kamu diamkan dan akhirnya malah membuat wajah kamu berjerawat semakin banyak.