Seperti yang kita ketahui menbersihkan wajah secara rutin merupakan salah satu langkah paling penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Maksudnya secara rutin adalah membersihkan wajah secara benar dan tepat dilakukan setiap hari, misalnya sehari 2 kali. Karena, jika kamu salah dalam memilih sabun muka, biasanya langsung menimbulkan reaksi buruk pada kulit wajah.

Ada beberapa hal yang menjadi tkamu kamu salah memilih sabun muka!

Kulit Terasa Tertarik

Kulit wajah yang terasa tertarik dan ketat merupakan salah satu tkamu kulit wajah yang kering. Kulit wajah dapat menjadi kering karena minyak natural yang secara alami terdapat pada kulit wajah berkurang jumlahnya.

Salah satu tkamu paling umum dan mudah dikenali dari pemilihan sabun muka yang salah adalah timbulnya sensasi kulit tertarik setelah membersihkan wajah. Pembersih yang menyebabkan sensasi ini tkamunya telah mengganggu Skin Barrier, mengangkat habis minyak alami pada kulit, serta membuat pH kulit tidak seimbang. Selain bertambah kering, kulit yang berada di kondisi ini juga tidak akan dapat menyerap skin care yang digunakan secara maksimal.

Kulit Kemerahan

Kulit kemerahan paling sering dialami oleh seseorang yang memiliki kulit sensitif. Bagi kamu yang kerap mengalami wajah kemerahan dan iritasi di area hidung dan pipi sehabis mencuci wajah, segera ganti sabun muka Kamu, ya! Pastikan untuk teliti kandungan terlebih dahulu sebelum memilih sabun cuci muka. Hindari produk dengan kandungan yang berpotensi mengiritasi kulit, seperi fragrance atau alkohol.

Breakout Berlebih

Sering berjerawat setiap kali pakai skincare? Mungkin salah satu penyebabnya ada di sabun muka yang kamu gunakan. Ada dua kemungkinan yang bisa terjadi. Pertama, sabun cuci muka yang menyebabkan kulit sangat kering dan merusak skin barrier, sehingga kulit tidak terlindungi dan mudah terserah bakteri penyebab jerawat. Kedua, sabun cuci muka bersifat terlalu thick dan sulit terbilas dengan baik, sehingga menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Maka dari itu, memakai sabun muka yang cocok sangat dibutuhkan. Agar tidak menimbulkan dampak yang dapat merusak kulit wajah kamu.’

Kulit Mengkilap Akibat Minyak Berlebih

Kulit wajah berminyak kadang membuat kita tidak percaya diri. Selain ketika berswafoto akan terlihat mengkilap, dengan perawatan yang salah, kulit wajah yang berminyak malahan akan menimbulkan jerawat serta wajah yang kusam. Minyak sebenarnya memang diproduksi oleh kulit. 

Untuk kamu yang mempunyai kulit wajah yang berminyak, sebaiknya kamu memilih produk pembersih wajah yang bersifat oil-free atau yang berdifat oil-absorbing. Dengan menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan, kulit pun akan terasa lebih nyaman dan lebih matte.

Kulit Terasa Kasar dan Kusam

Salah memilih sabun muka dapat menyebabkan kulit menjadi kasar. Hal ini disebabkan karena produk yang kamu gunakan membuat kulit mengalami dehidrasi dari waktu ke waktu. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, tekstur kulit akan menjadi semakin kasar karena kurang hidrasi. Tak hanya itu, kulit yang dehidrasi pun akan terlihat lebih kusam.

Menggunakan skincare ataupun sabun muka harus dengan cara dan produk yang tepat ya. Sesuai dengan kondisi wajah kamu, agar tidak menimbulkan masalah pada kulit wajah secara berkelanjutan.