Tau nggak sih salah satu penyebab kulit kita bermasalah ? yaitu kesalahan saat kamu mencuci muka. Padahal sudah rutin membersihkan wajah. Mencuci muka dengan cara yang tidak benar akan menimbulkan beberapa masalah pada kulit wajah loh. Kita disarankan untuk mencuci muka minimal 2 kali sehari untuk menghilangkan kotoran dan debu serta bekas kosmetik yang menempel di wajah apalagi setelah beraktivitas diluar ruangan seharian.

Salah satu cara yang paling mudah dalam membersihkan wajah dari kotoran dan debu adalah dengan mencuci muka. Meskipun mudah, tapi masih banyak orang yang melakukan berbagai kesalahan saat mencuci muka. Sehingga menyebabkan kerusakan kulit dan membuat wajah bermasalah.

Berikut ini ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat mencuci muka. Simak yuk!

Sembarang dalam memilih produk

Banyak orang yang menggunakan facial wash yang tidak sesuai dengan tipe kulit wajahnya. Misalnya saja dia mempunyai kulit wajah yang sensitive tapi malah memakai facial wash untuk kulit normal. Bisa saja itu yang menyebabkan wajah malah makin bermasalah seperti minyak berlebih, flek hitam, jerawat dan masalah kulit wajah lainnya.

Maka dari itu, kamu harus mengenali terlebih dahulu jenis kulitmu, lalu menentukan facial wash yang akan kamu gunakan. Tujuan pembersih muka adalah untuk menghilangkan sisa make up, debu yang menempel, dan menghilangkan kotoran pada wajah dan lain-lain.

Terlalu sering cuci muka atau jarang mencuci muka

Manfaat mencuci muka adalah untuk membersihkan kotoran dari wajah. Tapi mencuci muka tidak boleh dilakukan setiap hari, dan jarang mencuci muka juga tidak boleh. Mencuci muka cukup 2 kali sehari saja, yakni pada pagi dan malam hari. Mencuci muka terlalu sering dapat menipiskan kulit wajah dan tidak akan baik untuk kesehatan kulit wajah. Jarang mencuci muka akan menimbulkan berbagai masalah kulit seperti berminyak, berjerawat dan masalah kulit lainnya.

Mencuci muka dengan telapak tangan yang kotor

Bagian kulit yang paling sering melakukan kontak dengan berbagai macam benda adalah telapak tangan. Kadang kita nggak tau benda yang kita pegang memiliki berbagai macam kotoran atau bakteri yang akan mengumpul di telapak tangan kita. Jadi, sebelum kamu mencuci muka dengan telapak tangan, pastikan tangan kamu harus dicuci bersih dulu ya.

Melewatkan Face Oil

Ahli dermatologis dan kecantikan menjelaskan bahwa minyak bersahabat dengan semua jenis kulit dan umumnya minyak akan larut jika bertemu sesama minyak.

Dengan adanya minyak ini akan memecah bakteri dan kotoran penyebab jerawat yang sering timbul pada wajah berminyak. Selain itu, kelembapan kulit juga akan terjaga sehingga akan terjadi keseimbangan kadar pH pada kulit wajah.

Produk mahal pasti ampuh

Banyak orang yang menganggap produk mahal pasti akan lebih ampuh jika di pakai. Tapi produk yang mahal juga belum tentu aman dan cocok digunakan dikulit wajah kita. Akan lebih baik kamu memilih produk kecantikan yang sesuai dengan kondisi kulit wajah dan kebutuhan. Kamu juga bisa memakai pembersih wajah dengan bahan alami dan mempunyai manfaat seperti moisturizer dan serum vitamin.

Kebiasaan Menggosok

Dalam membersihkan kulit wajah tidak boleh sembarangan ya, karena jika terlalu kencang menggosok kulit wajah dapat menarik kulit. Menggosok kulit wajah dengan kencang dalam kondisi kering dapat mempengaruhi elastisitas kulit wajah. Kamu bisa menunggu wajahmu kering terlebih dahulu setelah mencuci muka atau menepuk-nepuknya dengan handuk bersih secara perlahan.

Terlalu Sering Exfoliasi

Jangan melakukan eksfoliasi secara berlebihan dan sembarangan menggosok scrub ya, karena dapat menyebabkan kulit iritasi, peradangan kulit, infeksi dan kering. Exfoliasi dapat kamu lakukan 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Kamu bisa menggunakan jari-jarimu dalam pengaplikasian krim exfoliator dengan handuk yang lembap, agar dapat mencegah goresan atau tertariknya kulit. Kamu juga bisa memijatnya dengan lembut agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Oke sahabat Maggie, mulai sekarang hindari kesalahan-kesalahan saat mencuci muka ya. Karena mencuci muka dengan benar itu sangat dibutuhkan kulit wajah kita, agar tetap terlihat fresh dan sehat.