Cahaya matahari adalah salah satu pemicu utama penuaan dini, kulit kusam, hingga kanker kulit. Sunscreen atau tabir surya, adalah lotion cair kimiawi yang bertindak sebagai penyaring sinar matahari. Sunscreen yang masuk ke dalam kulit akan menyerap radiasi UV sebelum mencapai lapisan kulit kamu dan merusaknya.

Sunscreen juga berfungsi sebagai perisai bagi kulit, karena dapat menjaga kulit dari ragam agresi lingkungan sehingga kulit senantiasa sehat terjaga.

Jika kamu sudah mengetahui pentingnya sunscreen, kamu juga perlu tau manfaat lainnya dari pemakaian sunscreen ini. Kira-kira apa saja ya?!

Mencegah Penuaan Dini

Penuaan adalah proses alami yang tidak dapat dihindari oleh siapapun. Penuaan dini dapat dipicu oleh berbagai factor, seperti gaya hidup, pola makan, keturunan dan kebiasaan hidup lainnya. Pemicu penuaan dini adalah sinar matahari dan polusi. Selain mempercepat timbulnya kerutan, masalah kulit lainnya seperti flek hitam dan wajah kusam pun akan timbul jika kamu malas menggunakan sunscreen.

Sebagai contoh lainnya, merokok dapat menghasilkan radikal bebas. Radikal bebas terbentuk dari molekul oksigen yang sebelumnya sehat, kini menjadi overaktif dan tidak stabil. Kemampuan sel-sel tubuh untuk menghancurkan radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini.

Mencegah Kanker Kulit

Kanker kulit adalah jenis kanker yang tumbuh di jaringan kulit. Kondisi ini ditandai dengan perubahan pada kulit, seperti munculnya benjolan, bercak, atau tahi lalat dengan bentuk dan ukuran yang tidak normal. Kanker kulit diduga kuat disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet dari matahari. Sinar UV ini dapat menyebabkan rusaknya sel pada kulit, hingga menimbulkan kanker kulit.

Maka dari itu pentingnya memakai sunscreen untuk kamu yang ingin terhindar dari penyakit kanker kulit ini.

Mencegah Kulit Terbakar

Aktivitas di bawah sinar matahari dapat menimbulkan wajah memerah dan terbakar. Hal ini karena sunscreen berfungsi sebagai pelindung utama bagi kulit. Jadi, pastikanlah agar rajin menggunakan sunscreen sebelum mulai beraktivitas.

Mencegah Timbulnya Komedo

Komedo adalah benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit, dan merupakan cikal bakal jerawat. Komedo biasanya muncul pada kulit wajah, tetapi dapat juga muncul di bagian tubuh lainnya, seperti bahu, dada, punggung atau lengan. Komedo terbentuk akibat tersumbatnya pori-pori kulit oleh sel kulit mati dan minyak (sebum).

Sinar matahari juga menjadi penyebab utama timbulnya komedo. Jadi, walaupun wajahmu berjerawat, pastikanlah untuk selalu mengaplikasikan sunscreen setiap hari.

Jadi, sunscreen mempunyai banyak manfaat yang baik ya untuk kulit wajah kamu. Apa kamu masih berani keluar rumah tidak menggunakan sunscreen ?