Pernah dengar tentang kandungan merkuri ? Kenapa ya? Senyawa dalam cream bermerkuri akan menyebabkan lapisan kulit epidermis kita rusak ?

Merkuri adalah cairan logam perak atau disebut air raksa (Hydrargyrum). Logam yang terdapat dalam merkuri ini adalah logam yang berada pada suhu 25 derajat berwujud cair. Merkuri banyak ditemukan di alam dan tersebar dalam batu-batuan, biji tambang, tanah, air dan udara sebagai nyawa anorgik dan organic. Jadi bisa dibayangkan dong kalau kulit wajah kalian memakai cream pemutih yang tidak jelas dan berbahan merkuri ?

Kulit wajah yang memakai cream berbahan merkuri sudah tidak mengandung protein & melanin yang berfungsi untuk melindungi radiasi paparan matahari. Jasad renik ataupun kuman tidak akan menyukai kulit yang telah tercemar merkuri bahkan termasuk nyamuk sekalipun.

Beberapa ciri cream wajah yang mengandung merkuri :

  1. Cream terasa lengket. Cream pemutih berbahaya akan terasa lengket ketika di kombinasikan dengan bedak dan terasa kasar saat dipakai.
  2. Bau yang menyengat. Aroma cream wajah bermekuri sangat menyengat. Karena cream dicampurkan dengan aroma parfume di produknya agar menyamarkan bau logam yang ada pada produk kosmetik tersebut.
  3. Menyebabkan ketergantungan setelap berhenti pemakaian. Setelah berhenti pemakaian wajah kamu akan tumbuh jerawat dan bitnik hitam yang lama kelamaan dapat menimbulkan kanker.
  4. Dapat memutihkan wajah dengan waktu yang sangat singkat.
  5. Pada kemasan produk tidak terdapat bahan-bahan yang digunakan. Biasanya hanya ada tulisan cream malam & cream siang saja.
  6. Tidak adanya legalitas dari BPOM RI. Tapi sekarang manusia semakin bisa memanipulasi, misalkan mencantumkan nomor BPOM RI secara asal-asalan. Nah, sebelum kamu membeli produk untuk kecantikan wajah, ada baiknya kamu mengecek terlebih dahulu pada website resmi BPOM RI. Jika nomor BPOM tertera di website, maka produk tersebut sudah aman digunakan. Apabila tidak terdapat nomor BPOM RI maka produk kecantikan tersebut tidak bisa dijamin akan keamanannya.

Setelah kamu mengecek produk kamu sudah BPOM atau belum. Jangan lupa juga beli produk yang sesuai dengan tipe kulit wajah kamu.

Jerawat dalam keadaan normal adalah berfungsi sebagai indikator tingkat kandungan protein di dalam kulit, hal ini juga untuk mengontrol perawatan kulit wajah. Bila Anda lupa untuk melakukan kebersihan wajah, umumnya jerawat akan timbul, pada merkuri hal ini tidak terjadi lagi, karena struktur protein kulitnya telah berubah dan menjadi rusak.

Bila Anda telah tercemar Merkuri dan pemakaian dihentikan akan timbul jerawat kecil-kecil disertai rasa gatal. Kemudian akan timbul bintik-bintik hitam di bawah kulit sebagian ataupun merata di wajah yg akan sangat sulit dihilangkan bahkan berisiko kanker kulit hingga gagal ginjal dalam jangka panjang. Adapun beberapa bahaya lainnya dari kandungan merkuri, diantaranya :

  1. Menghambat pertumbuhan janin
  2. Keguguran
  3. Mandul
  4. Gangguan system saraf janin
  5. Timbul berjalan bernanah
  6. Jika terpapar sinar matahari dapat menimbulkan iritasi
  7. Flek hitam pada kulit
  8. Kulit menjadi kusam

Biasanya kandungan merkuri didapati dari cream abal-abal. Selain merkuri, cream abal-abal juga banyak mengandung bahan kimia lainnya seperti hidrokinon. Hidrokuinon seringkali dianggap menyebabkan ketergantungan. Ketika berhenti menggunakan cream dengan hidrokuinon, seringkali muncul masalah baru yaitu kulit menjadi lebih kusam dan sulit kembali ke kondisi semula. Hal ini disebut dengan rebound phenomena dari hidrokuinon. Kondisi ini terjadi karena penghentian mendadak dari hidrokuinon.

Jadi, masih ingin pake cream abal-abal? Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kanker kulit, kerusakan jaringan tubuh & menyebabkan kematian.

Pemakaian merkuri secara terus menerus itu memang pada awalnya menjadikan kulit mulus, namun kemudian merkuri itu mengendap di bawah kulit. Setelah bertahun-tahun baru kulit kita menjadi rusak, akan biru kehitaman bahkan dapat memicu timbulnya masalah kanker.

Apa setelah kalian mengetahui ciri-ciri dan bahaya nya cream bermekuri, kalian akan tetap menggunakan cream tersebut ? buat kalian yang sekarang masih pakai cream bermekuri, sebaiknya hentikan dari sekarang. Karena akan mengakibatkan efek yang jangka panjang. Jangan sampai kamu nantinya menyesal ya!