Masker wajah merupakan bagian dari skincare yang sering digunakan, untuk menjaga kesehatan dan kecantikan wajah. Sekarang banyak varian masker wajah alami yang bisa kamu aplikasikan dan mempunyai manfaat yang berbeda-beda, seperti menghilangkan jerawat, mengurangi minyak berlebih pada wajah, melembapkan kulit yang kering, memudarkan noda hitam dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Merawat wajah secara alami memang baik untuk dilakukan, karena selain dari bahan-bahan yang alami juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Tapi meskipun alami, kalau kamu menggunakan masker dengan cara yang salah, tetap akan  menimbulkan efek samping. Yang nantinya malah akan membuat wajahmu terlihat menua. Nggak mau kan wajah kamu malah jadi rusak, gara-gara salah dalam pemakaian masker ? berikut ini ada beberapa kesalahan dalam penggunaan masker yang  perlu kamu tau. Simak ya!!

Memakai masker yang tidak cocok dengan jenis kulitmu


Kita pasti pernah tergiur dengan masker-masker yang sering digunakan teman-teman kita. Entah karena harganya yang murah, wanginya yang harum, atau kemasannya yang unik. Apalagi kalo kalian sudah lihat langsung hasil yang sudah dipakai teman kalian. Ingat loh, yang terlihat cocok di wajah teman kamu, belum tentu cocok jika diaplikasikan di wajah kamu.Selayaknya produk skincare, kamu harus mengetahui kebutuhan kulit wajah kamu sebelum membeli masker wajah yang akan kamu pakai.

Mungkin menurut beberapa orang, mencoba berbagai jenis masker tidak akan memberikan efek samping yang berarti. Tapi tidak sedikit loh orang yang harus berhadapan dengan masalah kulit cuma karena iseng-iseng mencoba mengaplikasikan satu buah masker.

Begitupun dengan masker alami, kalau wajah kamu berjerawat buatlah masker dari bahan-bahan alami yang dapat mengurangi masalah jerawatmu. jangan memakai masker alami yang asal dalam pengaplikasiannya tanpa tau manfaat nya untuk wajah kita.

Memakai Masker Terlalu Lama

 

Memakai masker tidak boleh terlalu lama ya, bukannya merawat wajah malah nantinya akan menjadi masalah wajah. Dalam setiap kemasan masker wajah, biasanya kita akan diberi tahu cara pakainya dan waktu pemakaiannya. Nah, kalian harus banget nih menuruti aturan yang sudah ada. Kenapa ? Karena masker dapat memberikan efek samping dan manfaat nya tidak akan kamu dapatkan secara optimal jika kamu memakai masker dengan waktu yang lama atau melebihi dari waktu pakainya.

 

Contohnya adalah saat kamu sedang berjerawat dan kamu menggunakan masker jerawat terlalu lama, alhasil kelembapan alami kulit wajah kamu akan menghilang dan kamu justru semakin rentan dengan jerawat.

Memakai Masker Terlalu Tebal

 

Kalau kamu suka memakai masker Clay, usahakan jangan terlalu tebal. Karena memakai masker clay terlalu tebal dapat membuang minyak alami dari kulitmu dan membuat kulit kering atau bahkan mengelupas. Karena pada dasarnya masker clay dibuat untuk mendetoks kulitmu dan menyeimbangkan produksi minyak pada kulit wajahmu.

Belum Melakukan Eksfoliasi

 

Nah, penyebab wajah kamu lebih cepat tua adalah kamu belum melakukan proses eksfoliasi sebelum mengaplikasikan masker. Eksfoliasi berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran, sehingga saat kamu mengaplikasikan masker, maka masker akan lebih mudah diserap oleh wajah dan manfaat yang kamu dapatkan akan optimal. Buat kalian yang hobi menggunakan masker dengan formula krim, maka sangat disarankan untuk melakukan proses eksfoliasi sebelum mengaplikasikan masker tersebut.

Kandungan Metallic yang harus diperiksa

 

Kalau kalian menyukai atau penggemar masker metallic, seperti masker emas dan perak, kalian harus benar-benar memperhatikan kandungan metallic yang terdapat pada masker tersebut. Masker seperti ini banyak mengandung Hyaluronic Acid yang bagus untuk kulit wajah kalian, dan untuk menghindari tanda-tanda penuaa dini pada wajah. Tapi, tidak sedikit dari masker metallic yang mengandung alcohol yang dapat membuat kulit wajahmu kering, apalagi buat kamu yang kulitnya sensitive.

 

Jadi itu adalah kesalahan yang sering kita lakukan saat mengaplikasikan masker wajah. Mulai sekarang jangan di lakukan lagi ya sahabat Maggie. Sayangi kulit kalian mulai sekarang, khususnya kulit wajah kamu.