Menggunakan bahan-bahan alami dalam perawatan wajah memang dipercaya dapat mengurangi efek samping jika tidak cocok. Apalagi sekarang banyak skincare yang terbuat dari bahan-bahan alami. Dari sekian banyaknya bahan alami yang kerap digunakan sebagai bahan baku produk perawatan kulit, pernahkah kamu mendengar daun neem?

Kalau di indaonesia daun neem ini disebut dengan daun nimba atau daun intaran. Daun neem ini berasal dari india. Dalam Bahasa latin daun neem ini disebut sebagai Azadirachta Indica, yang dapat ditemukan di Indonesia, Pakistan dan beberapa negara lainnya. Selain daun, bagian kulit kayu, akar, biji, bunga, bahkan hingga buah dari neem pun bisa dimanfaatkan.

Selain mempunyai manfaat untuk kecantikan, daun neem ini juga dapat dijadikan sebagai obat-obatan herbal yang mampu mengatasi berbagai penyakit. Misalnya, gangguan mata, kusta, mimisan, cacingan, gangguan perut dan lain-lain. Selain itu masih banyak lagi manfaat dari daun neem ini, diantaranya :

Sebagai Anti-oksidan

Daun Neem kaya akan zat anti-oksidan yang mampu melindungi sel kulit dari efek radikal bebas. Selain itu daun neem juga mengandung banyak flavonoid, seperti quercetin, katekin, karoten dan asam askorbat.

Berbagai senyawa yang terkandung dalam daun neem diketahui efektif dalam membantu mengurangi terjadinya kerusakan sel kulit mati. Senyawa anti-oksidan dalam daun neem juga mengandung antiseptic yang baik untuk mengatasi jerawat sekaligus iritasi kemerahan dikulit.

Sebagai Antimikroba

Daun mimba memiliki khasiat antimikroba yang berpotensi membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan mikroba jahat (bibit penyakit). Penelitian dalam Dental Journal tahun 2011 menunjukkan bahwa minyak mimba yang terbuat dari biji pohon mimba dapat menurunkan pertumbuhan mikroorganisme pada rongga mulut.

Daun mimba juga mengandung senyawa bioaktif yang disebut dengan alkaloid, steroid, dan flavonoid, dan tanin yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella dan E. Coli.

Sebagai Anti Kanker

Sebuah penelitian tahun 2012 dalam Archives of Gynecology and Obstetrics menemukan bahwa penderita kanker serviks yang dirawat dengan pengobatan medis dan ekstrak mimba dapat mencegah peningkatan keparahan sel kanker sehingga dapat menurunkan risiko kematian akibat kanker serviks. Sementara itu, penelitian lain melaporkan bahwa ekstrak mimba memiliki efek antikanker pada pertumbuhan sel kanker prostat.

Pemberian ekstrak dari daun mimba atau daun neem secara efektif mampu menekan sifat karsinogen didalam tubuh.

Menghilangkan Mata Panda

Selain bagus untuk kesehatan, daun neem juga sangat bagus untuk kecantikan. Dan daun neem juga bisa merawat mata panda loh, agar kembali cantic seperti semula. Gunakan bubuk intaran dan pastanya setiap malam selama 10 menit sebelum membilasnya. Jika kamu rutin merawatnya, seiring berjalannya waktu mata kamu akan terhindar dari lingkaran hitam.

Mencegah Penuaan Dini

Garis-garis halus pada kulit wajah dapat dihilangkan dengan perawatan rutin menggunakan campuran minyak dan bubuk daun intaran. Hal ini dipercaya dapat memerangi patogen di bawah permukaan kulit.

Menghilangkan Bekas Jerawat dan Mencerahkan wajah

Selain itu, daun neem juga mampu menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit wajah kamu loh. Caranya pun cukup mudah, Rebus dua puluh lembar daun intaran hingga airnya berubah warna menjadi warna hijau. Peras rebusan daun hingga mendapatkan air jernihnya lalu simpan di botol dalam kulkas. Kamu dapat menggunakannya selama 3 hari sebagai pengganti toner untuk mengatasi permasalahan pada kulit wajah kamu.

Nah, itulah beberapa manfaat dari daun neem baik untuk kecantikan maupun untuk kesehatan. Dan masih banyak bahan lainnya yang bisa kamu jadikan perawatan alami, loh!