Tujuan dari perawatan wajah tentunya ingin mendapatkan hasil yang cerah, bersih dan mulus. Namun sejatinya perawatan tidak akan lengkap jika melaukan perawatan di luar saja, tanpa perawatan dari dalam. Nah, hal yang perlu kamu lakukan untuk perawatan tubuh dari dalam adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayur.

Salah satu sayur yang banyak manfaat nya dan baik untuk dikonsumsi adalah tomat. Tomat mengandung likopennya yang tinggi, yang mampu membuat wajah tampak berseri. Selain baik untuk dimakan atau diminum dalam bentuk jus, tomat juga memiliki khasiat yang sangat baik jika diaplikasikan langsung pada wajah. Kira-kira apalagi manfaat manfaat lainnya dari buah tomat ini ya! Simak yuk!

Menghilangkan Jerawat

Untuk kamu yang sampai saat ini masih berjuang untuk menyembuhkan jerawat, mungkin kini saatnya kamu mencoba perawatan wajah berjerawat dengan bahan alami. Nah, kamu bisa nih mengaplikasikan tomatsebagai masker untuk wajah. Bukan hanya mengandung vitamin A dan C, tomat juga memiliki kandungan likopen yaitu antioksidan yang baik untuk kulit. Senyawa likopen merupakan antioksidan yang baik untuk mempertahankan kesehatan kulit.

Mengecilkan pori-pori dan mengurangi kadar minyak

Pori-pori besar memang sangat mengganggu, dan menjadi tidak enak dipandang. Oleh karena itu, untuk menyamarkan atau bahkan mengecilkannya kamu bisa menggunakan tomat. Caranya, kompres wajah yang telah dibersihkan dengan menggunakan handuk hangat agar pori-pori terbuka dan mudah dibersihkan. Lalu, celupkan kapas pada jus tomat dan oleskan pada wajah dengan gerakan melingkar selama 10 menit. Bilas dengan air dingin. Dijamin, pori-porimu akan tampak mengecil.

Bukan hanya pori-pori besar yang dapat menyebabkan jerawat, namun wajah berminyak pun dapat menyebabkan jerawat loh! Selain itu wajah akan terlihat kusam. Untuk membuat kadar minyak di wajah berkurang, kamu bisa menggunakan tomat yang dicampur dengan timun dan diblender hingga halus. Aplikasikan pada wajah selama 30 menit. Bilas dengan air dingin.

Mencerahkan Wajah

Tomat dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Oleh karenanya, tomat dikenal ampuh untuk mencerahkan wajah. Caranya pun cukup mudah. Cuci bersih tomat, lalu iris tipsi tomat menjadi beberapa bagian. Lalu tempelkan potongan tomat tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15-20 menit agar kandungan tomat meresap ke dalam kulit wajah. Lalu bilas dengan air. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Menangkal Radikal Bebas

Tomat juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk wajah. Dengan rajin menggunakan tomat sebagai masker, berarti kamu telah melindungi wajahmu dari berbagai radikal bebas yang dapat memberi pengaruh buruk untuk kulit wajah.

Mungkin masih banyak lagi manfaat dari tomat yang bisa kamu rasakan nih sahabat Maggie. Perawatan kan sebenarnya tidak perlu mahal, kalo bisa merawat sendiri dirumah. Ya kenapa engga hehe

So, selamat mencoba!