Banyak sekali bahan alami yang dapat dijadikan perawatan alami, yang mampu mengatasi masalah pada wajah seperti jerawat. Salah satu bahan alami yang mempunyai manfaat mengatasi masalah jerawat adalah kentang. Seringkali jadi opsi karbohidrat pengganti nasi, ternyata kentang juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit, khususnya untuk mengatasi jerawat dan komedo.

Kentang mengandung vitamin C yang mampu mendorong produksi kolagen dan menjaga kulit dari dampak buruk sinar matahari. Selain itu, ada juga vitamin B yang membantu transformasi kulit dan mencerahkan noda bekas jerawat yang ada.

Namun, dalam pemakaian kentang untuk perawatan alami wajah, kamu harus memperhatikan beberapa manfaat dari kentang itu sendiri. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat kentang untuk mengatasi masalah jerawat dan kecantikan lainnya.. Yuk disimak!

Meredakan Jerawat dan Bekasnya

Siapa sangka, kentang mampu mengatasi masalah jerawat dan bekasnya loh! Karena mengandung vitamin B yang membantu transformasi kulit dan mencerahkan noda bekas jerawat yang ada. Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah, berikut caranya :

Parut satu buah kentang yang telah dicuci bersih, lalu gunakan kain untuk memeras kentang parutan tadi agar keluar sarinya. Setelah selesai, simpan di dalam kulkas 10-15 menit, lalu aplikasikan ke wajah dengan menggunakan kapas. Gosok-gosok area yang berjerawat atau ada bekas jerawat, diamkan 5 menit. Setelah itu bersihkan dengan air.

Lakukan dua kali sehari untuk hasil maksimal. Jika digunakan setiap hari, hasilnya akan tampak signifikan dalam dua minggu!

Solusi untuk Komedo

Terdapat dua jenis komedo yaitu blackheads dan whiteheads yang bisa diatasi dengan kentang. Caranya, blender 1 buah kentang, 1 sdm cuka apel dan sedikit air. Setelah halus, tuang ke cetakan es batu lalu biarkan membeku. Jika sudah beku, cuci bersih wajah. Gunakan es batu kentang tadi untuk menggosok seluruh wajah, terutama bagian yang berkomedo.

Es batu kentang bisa disimpan untuk pemakaian berikutnya jika dalam satu sesi dirasa sudah cukup. Untuk hasil maksimal, pakai cara ini 2 kali sehari, ya!

Membantu Mencegah Penuaan Dini

Ternyata kentang dapat menjadi bahan alami yang membantu mencegah penuaan dini loh! Dengan memanfaatkan kentang untuk perawatan wajah dan kulit, efek yang dapat kamu rasakan adalah berkurangnya kerutan-kerutan pada kulit di area wajah. Selain itu kulit juga akan menjadi lebih lembut dan berkilau secara alami. Maka dari itu kentang sering diandalkan sebagai anti kerut atau penuaan dini.

Membuat Kulit Menjadi Lebih Cerah

Vitamin C selain bermanfaat sebagai antioksidan juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah. Maka dari itu, banyak yang memanfaatkan kentang untuk membuat kulit wajah menjadi cerah. Hasilnya pun tidak mengecewakan dan di samping itu kulit wajah juga terasa lebih kencang sehingga awet muda.

Menghilangkan Kantung Mata yang Hitam

Kantung mata atau mata panda seringkali mengganggu penampilan. Lingkaran hitam di sekitar area mata akibat kelelahan dan kurang tidur tersebut membuat banyak wanita kalang kabut. Dengan bantuan kompres menggunakan irisan kentang yang sudah dikupas, akan membantu menghilangkan lingkaran hitam tersebut. Sambil bersantai, irisan kentang tadi dikompreskan di atas mata dan diamkan beberapa menit. Setelah itu bilas dan mata akan terasa lebih segar serta lingkaran hitam dan mata berkantung telah hilang.

Nah, sekarang kamu tau kan kalo kentang tak hanya enak untuk dimakan saja? Akan tetapi kentang juga punya begitu manfaat untuk kecantikan kulitmu.