Sama halnya dengan penyebab jerawat, jerawat juga mempunyai jenis yang berbeda-beda. Ada berbagai macam penyebab timbulnya jerawat, diantaranya bisa karena hormone, produk kecantikan yang tidak sesuai, factor cuaca dan lainnya. Pernah nggak kamu mencoba kosmetik atau produk kulit terbaru, dan beberapa hari kemudian muncul bintik-bintik merah atau jerawat diwajah kamu ? nah, apa jerawat tersebut dinamakan purging ? terus apa bedanya dengan jerawat biasa ? yuk ketahui bedanya jerawat biasa dan jerawat akibat purging.

Apa Itu Purging ?

Purging adalah kondisi yang timbul akibat penggunaan kosmetik atau bahan kimia yang memiliki kandungan AHA, BHA atau produk berjenis retinoid, peeling atau scrub. Kandungan tersebut memiliki kemampuan penetrasi ke dalam kulit yang berfungsi untuk membersihkan dan memperbaiki lapisan bawah kulit.

Dalam dunia kecantikan purging berasal dari kata purge yang berarti pembersih. Purging bertujuan untuk membersihkan pori-pori kulit wajah yang tersumbat oleh minyak berlebih, komedo dan sel kulit mati yang tertumpuk. Saat pertama kali kamu menggunakan skincare atau pergantian produk skincare dari yang biasa kamu gunakan ke produk baru, kamu mungkin akan mengalami proses yang dinamakan purging.

Biasanya purging terjadi selama 3-4 minggu, tergantung dengan siklus pertumbuhan kulit setiap orang. Namun, jika purging ini terjadi lebih dari 4 minggu kamu harus waspada dan hentikan penggunaan kosmetik atau skincare yang kamu gunakan. Bila sudah berhenti tapi tidak ada perubahan juga kamu bisa konsultasikan ke dokter ya.

Jadi bagaimana, apakah kamu sudah paham tentang jerawat akibat purging ? Lalu, ada lagi yang namanya jerawat Breakout. Apalagi nih jerawat breakout ? apakah jerawat purging dan breakout berbeda ? Yup, jelas sangat berbeda ya, berikut penjelasan tentang jerawat breakout.

Apa Jerawat Breakout?

Jerawat purging sangat berbeda dengan jerawat breakout. Karena jika jerawat purging adalah proses penyesuaian atau adaptasi terhadap pemakaian produk kecantikan. Sedangkan jerawat breakout adalah kondisi kulit yang terjadi karena ketidakcocokan terhadap jenis bahan kosmetik atau kimia tertentu. Orang yang memiliki kondisi ini terlihat seperti memiliki jerawat, bisul, rasa nyeri, kulit wajah yang kemerah-merahan, peradangan dan pembengkakan.

Bukan hanya itu, biasanya orang yang mengalami jerawat breakout juga akan muncul jerawat yang besar-besar pada kulit wajah dan kulit kering mengelupas. Banyak penyebab terjadinya jerawat breakout, misalnya karena skincare yang digunakan tidak cocok, stress, gangguan pencernaan, factor lingkungan dan gangguan hormone.

Setelah kamu mengetahui perbedaan antara jerawat purging dengan jerawat breakout. Kamu juga harus mengetahui bagaimana cara mengatasi kulit yang purging setelah memakai produk baru. Agar saat kamu mengalami purging, kamu sudah tau apa yang harus kamu lakukan.

Cara Mengatasi Kulit yang Purging Setelah Memakai Produk Baru

Saat kamu mengalami fase/ proses purging, jangan dulu panik atau berpikir yang aneh-aneh dengan kondisi keadaan kulit berjerawat atau beruntusan. Namun, apabila hal itu terjadi lebih dari 4 minggu, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter kulit. Kamu juga bisa mengurangi kadar obat atau bahan kimia yang biasa kamu gunakan.

Oke, sekarang kamu sudah tidak perlu bingung lagi ya dengan perbedaan jerawat purging dan breakout. Purging terjadi saat awal menggunakan skincare. Purging berfungsi untuk membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat dan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Pada dasarnya keduanya sama-sama merupakan efek negative dari pemakaian skincare yang tidak cocok pada wajah.