Tidak ada satupun manusia yang ingin memiliki wajah yang berjerawat. Mau itu cewe atau cowo pasti ingin memiliki wajah yang mulus dan bersih. Jerawat merupakan suatu kondisi dimana pori-pori pada kulit tersumbat dan menimbulkan kantung nanah yang kemungkinan besar mengalami peradangan. Jerawat dapat mengganggu kesehatan dengan tingkat penderita yang sangat besar jumlahnya.

Jerawat meradang bisa kita kenali dengan ciri-ciri bentuk ukurannya yang lebih besar, terasa nyeri dan nyut-nyutan, berwarna kemerahan dan berisi cairan nanah. Jika ukuran jerawat kecil bisanya akan hilang dan datang kembali dengan sendirinya. Tapi jika jerawat meradang, jangan harap jerawat bisa hilang dengan mudah. Meskipun sembuh, kemungkinan besar jerawat akan meninggalkan noda bekas dikulit anda, khusunya kulit wajah.

Kenapa jerawat bisa meradang ? kamu harus tau nih penyebabnya. Simak ulasan berikut ini ya!

  1. Faktor Genetik

    Factor genetic adalah factor yang terdapat dari riwayat anggota keluarga atau keturunan. Beberapa penelitian telah mengungkapkan jika beberapa penderita jerawat meradang mendapatkan kondisi demikian karena diturunkan oleh orang tuanya. Besar kemungkinan riwayat anggota keluarga yang mempunyai jerawat dan meradang akan dialami oleh keturunannya.

    Jangan menyentuh jerawat yang meradang dengan jari, karena hanya akan memperburuk kondisi. Solusinya kamu harus melakukan perawatan wajah yang baik. Atau kamu bisa memeriksakan kondisi kulit secepatnya ke spesialis kulit yang berjerawat.

  2. Hormon dan Keringat

    Perubahan horman menjadi salah satu penyebab jerawat meradang. Hormon mampu menyebabkan produksi minyak meningkat secara drastis hingga membuat sel kulit mengeras. Kondisi ini yang menyebabkan penyumbatan dan menghambat proses pengeluaran sel kulit mati melalui pori-pori.

    Kondisi yang kerap mengubah hormon didalam tubuh misalnya karena stress berlebihan. Saat mengalami stress, otak manusia akan melepaskan hormon yang berpotensi besar memicu kelenjar keringat untuk memproduksi minyak berlebih.

  3. Memencet dan Memegang Jerawat

    Kebiasaan seseorang yang mempunyai jerawat adalah memencet atau memegangnya. Justru itulah yang memicu jerawat meradang. Karena kotoran dan bakteri pada tangan akan berpindah pada jerawat dan menimbulkan efek peradangan saat kamu memencetnya.

    Mulai sekarang kamu harus menjaga kebersihan tangan maupun wajah kamu ya.

 

  1. Salah dalam penggunaan kosmetik

    Factor selanjutnya yaitu penggunaan kosmetik. Kesalahan dalam penggunaan kosmetik ternyata menjadi pemicu yang membuat jerawat meradang. Hal ini bisa terjadi saat kamu menggunakan kosmetik yang salah saat sedang berjerawat. Mungkin beberapa kosmetik mengandung lanolin dan minyak yang mengakibatkan tertutupnya pori-pori kulit dan menghalangi proses pengeluaran minyak dan sel kulit mati yang dihasilkan kulit.

    Produk kosmetik yang kasar bisa membuat kulit wajah terluka yang membuat bakteri jahat hidup dan menempati luka tersebut. Bakteri inilah yang akan membuat kulit wajah kalian lebih sensitive hingga memicu jerawat meradang.

  2. Infeksi Bakteri

    Bakteri muncul akibat kotoran, debu dan polusi yang kita temui setiap hari, yang akhirnya menempel pada kulit. Bakteri yang menempel tersebut dapat mengakibatkan peradangan pada jerawat, apalagi bercampur dengan minyak yang dihasilkan kulit wajah. Maka dari itu setiap selesai beraktifitas kamu harus rajin membersihkan wajah ya.

Cara Efektif Mengatasi Jerawat Meradang

LEMON

Seperti yang kita tau, lemon banyak sekali manfaat nya. Merupakan salah satu Vitamin C yang tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh dari dalam tapi juga bagus untuk kesehatan dari luar, khususnya untuk kulit wajah kita. Lemon ini terbukti ampuh dalam mengatasi jerawat meradang.

Kandungan asam sitrat dalam buah lemon ini bisa menjadi peeling alami kulit wajah loh. Sehingga jerawat yang meradang bisa mengempis secara menyeluruh. Dan bisa mengatasi sel kulit mati yang menumpuk, sehingga efektif mencegah jerawat meradang dikemudian hari.

Caranya cukup mudah loh, kamu hanya perlu menyediakan 1 buah lemon segar dan air bersih secukupnya. Kemudian peras lemon, dan campurkan air perasannya ke dalam air yang telah disediakan. Setalah itu, kamu bisa langsung oleskan ke permukaan kulit yang berjerawat, dan pijat dengan lembut. Tunggu sekitar 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih. Lakukan cara ini secraa teratur ya agar hasilnya maksimal.

Nah, itu adalah salah satu cara mengatasi jerawat dengan cara yang alami. Tapi mungkin untuk meracik lemon kamu sudah terbawa malas, apalagi setelah lelah beraktivitas seharian. Meskipun terlihat sangat sederhana membuatnya, tapi kalau kamu sudah nggak mood pasti lebih baik langsung tidur.

Tapi, jika jerawat terus didiamkan takutnya menjadi masalah yang lebih parah. Bagaimanapun jerawat harus dirawat loh, kalau kamu nggak punya waktu untuk perawatan secara alami. Kamu bisa menggunakan produk-produk skincare yang aman dan dikhususkan untuk jerawat.

Mulai sekarang kamu gausah khawatir lagi, kamu bisa mulai perawatan untuk masalah jerawatmu dari rangkaian Acne Series Maggie Glow. Selain aman, acne series ini memang dikhususkan untuk kulit wajah yang berjerawat. Dalam acne series Maggie glow ini juga terdapat Lemon Extract yang manfaatnya sudah kamu tau kan. Kamu harus banget nih menggunakan rangkaian Acne Series dari Maggie Glow ini. Karena Maggie glow akan menjawab semua pertanyaan seputar masalah jerawat kamu.