Wajah terlihat berkilau ? yakin masih pede saat keluar rumah ? hehe nah, nggak mau kan saat keluar rumah dengan wajah yang berkilau atau berminyak. Makanya mulai sekarang kamu harus rajin merawat wajah kamu ya.. teutama kamu harus tau terlebih dahulu penyebab kenapa sih wajah kamu jerawatan. Minyak yang ada pada tubuh kamu tercipta untuk menjaga agar tubuh kamu tetap lembap. Tapi produksi minyak berlebih justru dapat menyebabkan timbulnya bakteri. Lalu, apa penyebab minyak berlebih pada kulit wajah ?

Mengenal sebum / minyak alami kulit

Sebum merupakan bagian dari minyak yang ditemukan pada permukaan kulit. Kelenjar keringat adalah kelenjar yang ditemukan pada semua bagian tubuh. Letaknya menempel tak jauh dari pori-pori kulit dan memproduksikan keringat dengan sebutan sebum. Sebum berfungsi untuk menjaga kulit tetap lembab dan sehat, melindungi kulit dari bakteri dan sustansi yang ingin masuk serta mencegah kulit kering dan gatal.

Manfaat lainnya dari sebum adalah memberikan perlindungan kulit dari sinar UV, penghambatan mikroorganisme berbahaya pada kulit dan memberikan antioksidan pada permukaan kulit. Kekurangan sebum dapat mengakibatkan kulit wajah menjadi kusam dan kering. Namun, kelebihan sebum juga dapat mengakibatkan munculnya jerawat pada wajah. Oleh karena itu, kamu harus menjaga agar produksi sebum pada kulit wajahmu secara cukup ya.

Penyebab Minyak Berlebih pada Kulit Wajah

Sama halnya dengan jerawat, kulit wajah berminyak juga mempunyai beberapa penyebab, diantaranya :

  1. Keturunan

    Setiap orang terlahir dengan gen keturunan yang berbeda-beda. Jika orang tuamu memiliki jenis kulit wajah yang berminya, besar kemungkinan keturunannya pun memiliki jenis kulit wajah yang serupa.

  2. Stress

    Saat stress organ tubuh kamu otomatis diatur dalam fight-to-fight mode, kondisi seperti inilah yang memicu peningkatan produksi keringat berlebih.

  3. Mengkonsumsi minyak berlebih

    Apakah kamu pecinta makanan berminyak ? seperti gorengan, atau makanan yang digoreng lainnya ? tau nggak, kandungan minyak tak jenuh yang ada pada gorengan bisa berdampak pada kondisi wajah loh, apalagi kalau kamu makan gorengan terlalu sering. Nah, selain makanan berminyak, makanan yang pedas juga dapat menstimulasi tubuh untuk memproduksi minyak.

    Bukannya tidak boleh sama sekali makan makanan yang berminyak, hanya saja kamu perlu mengurangi dalam mengkonsumsinya dan jangan terlalu berlebihan.

  4. Penggunaan kosmetik

    Namanya juga wanita pasti tidak pernah lepas dari produk kecantikan/ make up. Make up memang menjadi bagian penting dari penampilan wanita, tapi memakai make up dengan kandungan yang beratpun akan memberikan efek yang tidak baik untuk kulit wajahJangan menggunakan kosmetik yang terlalu berat, karena kosmetik yang terlalu berat dapat menghalangi keluarnya keringat dari pori-pori dan menyebabkan adanya timbunan keringat.

  5. Faktor Hormon

    Salah satu penyebab minyak berlebih lainnya adalah factor hormone. Hormon reproduksi pada masa menstruasi mampu memicu peningkatan produksi keringat. Kondisi seperti inilah yang akhirnya dapat menimbulkan jerawat. Jadi bukan hal yang aneh saat wanita sedang menstruasi, kulit wajah cenderung lebih berminyak dari biasanya.

Cara Mengatasi Minyak Berlebih Pada Wajah

Untuk kamu yang mempunyai masalah kulit wajah berminyak, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara, diantaranya :

  1. Jangan terlalu sering mencuci muka

    Ketika kamu mempunyai kulit wajah yang berminyak, pasti terlintas dipikiran untuk sering-sering mencuci muka. Tapi pada kenyataannya, mencuci muka terlalu sering justru mampu menyebabkan keadaan bertambah buruk. Selain itu, sering mencuci muka juga mampu menyebabkan kulit wajah iritasi dan memicu kelenjar keringat untuk memproduksi keringat lebih banyak lagi.

  2. Memakai pembersih wajah yang terlalu keras

    Kondisi ini juga sama halnya dengan mencuci wajah terlalu sering. Kamu bisa menggunakan pembersih wajah yang tidak terlalu keras dan bebas minyak, dan mencuci wajahmu tidak lebih dari 2 kali sehari. Setelah mencuci muka kamu juga bisa menggunakan toner dan memakai masker wajah min. 1 minggu sekali. Dengan perawatan yang baik dan cara-cara yang benar maka kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Oke sahabat Maggie, mulai sekarang kamu harus rajin dalam merawat kulit wajahmu ya. tentunya dengan cara yang benar dan sesuai aturan. Semoga bermanfaat sahabat Maggie.

 

Baca Juga :

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Mengatasi Jerawat yang Meradang