Jerawat merupakan masalah yang sering muncul khususnya daerah wajah. Banyak sekali faktor yang menyebabkan jerawat. Nah, apalagi untuk kamu yang menggunakan kacamata, area hidung paling umum menjadi tempat munculnya jerawat. Benar kan?

Cara terbaik untuk mengetahui apakah jerawat muncul akibat penggunaan kacamata adalah melihat tempat munculnya. Tanda lainnya adalah kamu mendapati jerawat muncul di tempat yang benar-benar baru setelah menggunakan kacamata.

Acne Mechanica atau jerawat yang muncul setelah kamu menggunakan kacamata biasanya muncul ketika ada sesuatu yang menekan kulit, mencegah penumpahan normal dari sel-sel kulit. Sel-sel kulit ini akhirnya menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Kulit berminyak dan riasan tebal cenderung akan memperburuk kondisi jerawat ini. Acne Mechanica juga bisa muncul ketika kamu sering berolahraga dan mengenakan pakaian yang memerangkap keringat dan panas.

Berikut beberapa perawatan kulit anti jerawat bagi pengguna kacamata:

Rajin Membersihkan Kacamata

Bagi kamu yang menggunakan kacamata usahakan untuk selalu membersihkan kacamata, terutama area-area wajah yang bersentuhan langsung dengan kulit wajah. Dengan menggunakan kacamata yang bersih, akan mengurangi resiko wajah kamu menghadapi masalah wajah seperti jerawat.

Selalu Membersihkan Makeup

Pastikan kamu membersihkan make up tiap kali beraktivitas diluar ruangan. Karena bukan hanya make up yang menempel, juga debu. Bersihkan make up sebelum kamu mencuci muka. Penumpukan produk make up di bawah kacamata juga bisa berkontribusi terhadap munculnya jerawat.

Sesuaikan Kacamata yang Digunakan

Kacamata dengan jembatan di bagian hidung adalah yang terbaik, karena membuat kacamata tidak bersentuhan langsung dengan kulit. Carilah bentuk kacamata yang tidak hanya nyaman digunakan, namun juga meminimalisir munculnya jerawat.

Gunakan Produk Skincare untuk Kulit Berjerawat

Kandungan asam salisilat adalah cara termudah untuk mengatasi masalah jerawat ringan. Produk skincare dengan kandungan ini sangat bagus untuk perawatan kulit berjerawat. Gunakan di malam hari pada area pipi dan hidung.

Jika jerawat hanya muncul pada satu area saja, kamu bisa menggunakan produk skincare untuk spot treatment, seperti asam salisilat atau benzoil peroksida. Gunakan sepanjang malam dan bilas pada pagi hari.

Namun, kebanyakan jerawat yang muncul karena penggunaan kacamata masih bisa diatasi. Karena factor jerawat itu bukan hanya dari penggunaan kacamata saja. Tapi juga, factor hormone, pola keseharian, dan asupan makanan. Kalau kamu mempunyai masalah jerawat, kamu