produk kecantikan

Berada di Kota besar yang padat dan penuh dengan paparan polusi udara seperti Jakarta membuat siapapun mau tidak mau untuk memperhatikan kesehatan dan kecantikan kulit dengan cara menggunakan berbagai produk kecantikan. Tapi tahukah Anda bahwa penggunaan produk kecantikan dan perawatan tidak menjamin kulit akan menjadi sehat, karena efektivitasnya dinilai dari apakah perawatan dan produk yang dipilih oleh sahabat Maggie sesuai dan tepat dengan jenis kulit yang Anda miliki.

Jika sahabat Maggie saat ini sudah menggunakan produk kecantikan, coba cek kembali apakah Anda sudah menggunakan produk yang tepat atau tidak yang pasti produk kecantikan yang bagus terdaftar di BPOM tapi selain itu masih ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan kembali seperti berikut ini:

 

Kulit mengalami iritasi

Jika kulit sahabat Maggie mengalami iritasi dan menjadi memerah, ini merupakan tanda bahwa produk kecantikan yang Anda gunakan saat ini tidak sesuai dengan jenis atau kondisi kulit. Memang pada beberapa kasus jenis kulit ada yang membutuhkan waktu untuk penyesuaian, tetapi waktu ini tidak akan memakan waktu yang lama. Jika selama seminggu setelah Anda menggunakan produk kulit sahabat Maggie semakin meradang dan parah, maka segera hentikan penggunaan produk dan beralihlah pada produk yang memang sesuai dengan jenis kulit sahabat Maggie.

 

Gatal-gatal

Salah satu tanda lainnya jika produk yang Anda gunakan tidak sesuai dengan jenis kulit Anda adalah akan terasa gatal-gatal sesaat setelah Anda mengaplikasikan produk tersebut. Karena seharusnya produk kecantikan yang sesuai akan terasa nyaman, baik dan aman saat diaplikasikan pada kulit sahabat Maggie. Jika keadaannya berada pada sebaliknya yaitu timbul rasa gatal dan tidak nyaman maka sudah dipastikan produk yang Anda pilih tidak sesuai dengan jenis dan kondisi kulit sahabat Maggie.

 

Tidak terjadi perubahan

Melakukan selfie ternyata bukan sebuah sifat narsis dari seseorang loh sahabat Maggie, karena Anda juga dapat narsis untuk mengetahui apakah produk kecantikan yang Anda pilih sudah tepat atau belum. Ya, sahabat Maggie dapat melakukan selfie sebelum memulai mengaplikasikan produk kecantikan tersebut. Dan lakukan perbandingan setelah 7-10 hari menggunakannya bandingkan selfie yang telah Anda lakukan sebelum dan setelah menggunakan produk tersebut. Lihat apakah ada perubahan atau tidak, jika tidak terdapat perubahan itu berarti produk yang Anda gunakan tidak memberikan hasil apapun untuk kulit Anda dan Anda dapat menggantinya dengan produk lain yang tentunya sesuai dengan kondisi kulit Anda.

 

Memang untuk pemilihan produk kecantikan seringkali membuat bingung para penggunanya, terlebih sekarang ini sudah banyak produk impor yang beredar di pasaran. Tapi mengingat produk tersebut Anda gunakan untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit Anda, maka Anda benar-benar harus memilihnya dengan baik agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. Berikut tips dalam memilih produk kecantikan selain dengan label BPOM yang terdapat pada kemasan, simak hingga selesai ya sahabat Maggie!

Selain produk yang Anda pilih harus sudah dapat izin beredar dari BPOM, produk tersebut tentu saja harus sesuai dengan jenis kulit sahabat Maggie. Kenapa demikian? Hal ini karena setiap jenis kulit setiap orang berbeda-beda, dan untuk merawatnya pun sudah tentu berbeda. Jadi jangan pernah membeli produk kecantikan tanpa mencari tahu setiap komposisi dan ulasan dari beberapa orang yang telah menggunakan produk tersebut.

Bagi sahabat Maggie yang memiliki kulit normal, bukan berarti kulit tidak membutuhkan perawatan. Sahabat Maggie tetap perlu memberikan perawatan karena kulit membutuhkan nutrisi, tapi untuk kulit normal Anda tidak perlu repot dalam memilih produk kecantikan. Karena Anda hanya membutuhkan produk yang memiliki kandungan bahan seimbang agar kelembaban kulit tetap terjaga. Untuk kulit kering, sahabat Maggie membutuhkan produk yang memiliki kandungan pH seimbang dan bahan alami agar dapat meminimalisir penuaan dini. Hindari juga produk yang mengandung alkohol untuk membuat kulit tidak semakin kering. Nah yang terakhir untuk jenis kulit kombinasi, sahabat Maggie membutuhkan produk kecantikan yang berbentuk gel atau krim. Untuk menghindari kondisi kulit kering semakin parah dan sebaiknya untuk memakai produk cleanser yang dapat menyerap minyak sekaligus memberikan kulit cairan agar terhindar dari hidrasi.

 

3 Tips sederhana dalam memilih produk kecantikan yang tepat dan sesuai:

 

Memperhatikan tanggal kadaluarsa

Sebagian besar produk kecantikan selalu disarankan untuk disimpan dalam suhu dingin dan menghindari sinar matahari secara langsung selama 6-12 bulan, tetapi jika produk yang Anda gunakan telah mengalami perubahan baik dalam warna atau konsistensi serta aroma maka segera buang produk tersebut.

Memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit

Sebelum sampai pada tahap ini, kami sudah memberitahukan cara memilih produk sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki. Tetapi untuk sahabat Maggie yang masih bingung, termasuk jenis kulit seperti apakah saya? Maka Anda dapat melakukan hal kecil di pagi hari dengan menempelkan tisu pada area wajah dan lihatlah apakah terdapat bercak minyak atau tidak jika iya maka Anda termasuk dalam kategori kulit berminyak. Tetapi jika Anda menemukan kondisi yang kering berarti Anda memiliki jenis kulit kering, sedangkan untuk kulit kombinasi pada umumnya kulit akan berminyak pada area T yaitu dahi, hidung dan dahi.

Setelah mengetahui jenis kulit yang Anda miliki, maka mintalah saran pada ahli kecantikan saat memilih produk kecantikan untuk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki agar perawatan Anda pun menjadi lebih maksimal.

 

Membaca dan mengikuti instruksi penggunaan produk

Sangat penting untuk mengaplikasikan produk dengan benar, untuk itu jangan melewatkan instruksi yang terdapat pada setiap produk. Dengan mengaplikasikan produk sesuai instruksi maka Anda dapat mengetahui seberapa banyak, kapan dan pada area mana saja produk tersebut digunakan. Penggunaan yang tepat akan membuat hasil menjadi lebih maksimal.

Untuk melakukan perawatan sebenarnya gampang-gampang sulit asalkan sahabat Maggie sudah memilih produk kecantikan yang memang sesuai dengan jenis kulit Anda. Lakukan dengan rutin dan ikuti setiap instruksi maka hasil yang didapatkan pasti akan sesuai dengan harapan sahabat Maggie. Selamat mencoba!