Kulit merupakan salah satu bagian terpenting dari tubuh. Kulit menjadi lapisan utama tubuh yang melindungi tubuh dari virus dan bakteri. Setiap orang pasti ingin memiliki kulit yang sehat, cerah dan bersinar. Namun, akibat paparan sinar matahari berlebih, debu, polusi dan banyaknya kegiatan di luar ruangan, yang dapat membuat kulit kamu menjadi kusam dan gelap. Hal ini tentu saja mengurangi kepercayaan diri karena mengganggu penampilan. Untuk menghindarinya, kamu bisa melakukan tindakan pencegahan dini, yaitu dengan melakukan perawatan yang tepat.

Kulit juga memiliki peranan sebagai indera peraba yang berfungsi dapat merasakan panas, dingin, kasar, lembut dan sebagainya. Jika kulit mendapatkan nutrisi yang baik, kulit tentu akan terlihat menarik. Namun, apabila kekurangan nutrisi dan kurang mendapatkan perawatan, kulit bisa mejadi kusam dan gelap. Nah, untuk mengindari hal ini terjadi, kamu harus tahu penyebab kulit wajah menjadi kusam dan gelap.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa bikin muka gelap dan kusam!

Kurang Mengonsumsi Air Putih

Setiap hari kita harus minum air putih secara teratur dan dalam jumlah yang cukup. Air putih merupakan zat penting yang memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Dengan minum air putih yang cukup setiap hari, segala proses dalam tubuh dapat berjalan dengan lancar. Jika kamu kekurangan minum air putih, akan menyebabkan gangguan kesehatan, mengurangi kelembapan kulit dan menghambat penyebaran nutrisi ke sel-sel kulit.

Jadi, dampaknya pun akan ke kulit kamu, kulit akan terlihat kusam. Nggak kebayang dong gimana jadinya kalau kamu kekurangan minum air putih.

Sering Begadang

Hal lainnya yang dapat membuat kulit kamu kusam dan tidak sehat adalah karena kebiasaan begadang. Terlalu sering begadang akan membuat waktu tidurmu berkurang dan terganggu serta menghambat penyampaian nutrisi ke otak, tubuh dan kulit. Selain itu, begadang juga dapat menimbulkan lingkaran hitam dibawah mata dan kantung mata yang besar. Nah, mulai sekarang kamu harus menghindari kebiasaan begadang ya dan cukupi waktu istirahatmu.

Jarang Membersihkan Muka di Malam Hari

Kamu sering lupa untuk membersihkan wajah sebelum tidur? Ternyata lupa membersihkan wajah sebelum tidur dapat berakibat buruk untuk kesehatan kulit wajahmu, lho! Kamu wajib tahu kalau kulit akan menjadi semakin kering karena sisa makeup yang masih menempel. Belum lagi dengan masalah kulit wajah lainnya, seperti jerawat, kusam, beruntusan, berminyak dan lain-lain.

Saat kamu lupa membersihkan wajah di malam hari, sel-sel kulit matipun akan menumpuk di permukaan kulit. Akibatnya, kulit menjadi tidak dapat bernafas dan terdehidrasi serta proses regenerasi sel-sel kulit baru terhambat. Hal tersebut mengakibatkan timbul iritasi dan wajah menjadi kusam.

Nggak mau kan punya wajah yang kusam ? mulai dari sekarang hindari kebiasaan seperti ini ya!

Melewatkan Penggunaan Serum

Serum merupakan salah satu item perawatan wajah yang penting. Fungsinya seperti pelembab, tetapi serum memiliki komponen bahan aktif yang lebih banyak dari pelembab. Jika digunakan secara rutin dan teratur, beberapa masalah kulit seperti warna kulit yang tidak merata, garis-garis halus, kerutan atau flek hitam, perlahan akan memudar. Serum biasanya berbentuk lebih cair dan ringan saat dipakai. Hal ini membuat serum lebih mudah menyerap ke dalam kulit.

Serum juga dapat menutrisi wajah dan melindungi kulit dari efek radikal bebas yang dapat membuat kulit kusam.

Tidak Menggunakan Sunscreen Sebelum Beraktivitas

Buat kamu yang suka beraktivitas di luar ruangan, Sebaiknya kamu selalu memakai sunscreen sebelum melakukan kegiatan. Dengan menggunakan sunscreen, wajahmu akan terlindungi dari paparan sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB. Kedua jenis sinar ini, ternyata dapat memicu timbulnya flek hitam pada kulit wajahmu dan dapat menyebabkan efek sunburn atau kulit terbakar akibat paparan matahari.

Efek lainnya, perlahan akan terjadi kerusakan jaringan elastin dan collagen yang menyebabkan elastisitas kulit berkurang dan muncul kerutan. Terkena paparan matahari dalam waktu yang lama juga dapat mengakibatkan kulit terlihat kusam dan semakin gelap. Oleh karena itu, kamu jangan sampai melewatkan kebiasaan memakai sunscreen sebelum beraktivitas.

Oke, dari kesimpulan ini kita harus selalu menjaga kesehatan kulit ya. Karena jika kulit sehat maka penampilanpun akan terlihat menarik.