Jika kita melihat perawatan yang dilakukan wanita pada zaman dahulu, sangat berbeda dengan zaman sekarang. Zaman sekarang wanita inginnya melakukan perawatan yang instan. Kalo jaman dulu wanita selalu melakukan perawatan untuk kulit dengan bahan-bahan alami. Entah itu yang terbuat dari buah-buahan ataupun tanaman.

Nah, apakah kamu pernah dengar blueberry diantara bahan-bahan perawatan kulit? Biasanya bahan alami yang sering kita dengar itu seperti lidah buaya, lemon, apel hingga tomat. Namun, blueberry jarang sekali terdengar ya. Nah, buah yang masuk dalam keluarga berry ini ternyata memiliki beragam manfaat bagi kulit loh. Kaya akan vitamin A, E, dan C, blueberry mendatangkan khasiat bagi kulit hingga rambut.

Kira-kira apa lagi ya manfaat dari buah berry ini? Yuk, disimak!

Mencegah Jerawat

Untuk kamu yang memiliki kulit rentan berjerawat, blueberry bisa jadi solusinya. Dengan konsentrasi salisilat yang tinggi, blueberry mampu membuka pori-pori tersumbat penyebab jerawat dan bertindak melawan bakteri penyebab jerawat.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua orang peka terhadap asam salisilat, beberapa akan sensitif dengan kandungan satu ini bahkan menyebabkan efek samping seperti kering pada kulit. Untuk itu, penggunaan masker berbahan dasar blueberry perlu dibarengi dengan penggunaan pelembap.

Antioksidan

Blueberry termasuk buah yang memiliki kandungan antioksidan tertinggi bahkan jika dibandingkan dengan anggur. Antioksidan sendiri bisa melindungi kulit dari radikal bebas yang merusak sel-sel kulit. Senyawa antioksidan juga dipercaya dapat mencegah kerutan dan mampu memperbaiki kulit luka dengan cepat.

Fungsi utama antioksidan adalah mendonorkan elektron pada elektron tidak berpasangan yang terdapat di molekul radikal bebas, mencegah elektron bebas tersebut untuk menarik elektron dari sel tubuh yang sehat. Yang istimewa dari kerja antioksidan adalah setelah memberikan elektron, antioksidan tidak akan berubah menjadi radikal bebas seperti jika sel lain yang memberi elektron. Sehingga kerja antioksidan seperti menetralisir sifat reaktif molekul radikal bebas.

Pertumbuhan Rambut & Mencegah Rambut Beruban

Kurangnya vitamin B12 menjadi penyebab rambut lebih cepat beruban, untuk itu blueberry dengan kandungan vitamin yang cukup bisa jadi solusi mencegah rambut beruban. Rambut beruban yang diakibatkan pigmentasi yang hilang juga mampu dicegah dengan mengonsumsi blueberry.

Selain itu, Kandungan vitamin C yang ada pada blueberrry tidak hanya berguna bagi kulit, bamun untuk melancarkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Dengan begitu, blueberry mampu menutrisi akar rambut yang memicu pertumbuhan. Selain itu, kandungan proanthocyanidins di dalamnya juga bekerja dalam merangsang pertumbuhan rambut.