Tips merawat wajah secara alami

Siapa bilang perawatan wajah itu harus mahal dan susah? Jika Anda menjawab perawatan itu tidaklah mahal dan susah, berarti Anda sudah melakukan perawatan wajah yang alami secara sendiri. Sering sekali di toko-toko kecantikan ada yang menawarkan masker wajah yang sudah siap pakai, tetapi tidak ada salahnya juga jika Anda membuat masker sendiri selain lebih alami masker tersebut tidak menggunakan bahan-bahan kimia.
Mengingat bahwa setiap wanita haruslah memanjakan diri seperti melakukan perawatan wajah, merawat wajah secara alami agar wajah dapat terlihat lebih segar, tidak kusam dan bercahaya seringkali menjadi pilihan bagi beberapa wanita selain lebih murah merawat wajah secara alami juga tidak terlalu membuang waktu Anda untuk pergi ke luar seperti salon kecantikan dan lain-lain. Anda bisa melakukan perawatan secara alami di saat santai di rumah pada waktu akhir pekan Anda.

Mari simak, beberapa tips merawat wajah secara alami yang dapat membuat wajah Anda terlihat lebih segar, tidak kusam dan bercahaya:

Membersihkan muka secara lembut
Merawat wajah secara alami dengan melakukan perawatan terhadap kulit wajah memang sensitif, maka dari itu harus dimulai pada saat membersihkan wajah dari make-up yang sudah menempel selama beraktivitas seharian. Tujuan dilakukan perawatan tersebut untuk membuat kulit tidak terlihat tegang serta menjaga keseimbangan secara alami. Pastikan Anda menggunakan pembersih muka khusus dengan kandungan pH netral dan pastikan juga Anda melakukannya secara lembut dan halus.

Menjaga kelembaban kulit wajah
Kandungan yang baik untuk mengatur kulit wajah agar kelembaban tetap terjaga secara baik adalah 70% air dan 15% epidermis. Produk yang Anda pilih pun dalam kegunaannya dalam harian haruslah yang dapat menyeimbangkan kandungan air di dalam kulit, gunakan juga masker pelembab secara teratur.

Lindungi kulit terkena sinar matahari
Gunakanlah produk perawatan kulit yang Anda pakai sehari-hari mengandung tabir surya. Kandungan tabir surya mampu menunda penuaan pada kulit wajah serta mengurangi efek bahaya yang ditimbulkan dari sinar matahari. Gunakanlah produk secara teratur meskipun pada musim dingin.

Hindari stress
Memang pada dasarnya setiap orang pasti mempunyai masalah, tapi jangan sampai masalah tersebut membuat Anda stress. Stress dapat membuat wajah Anda terlihat lebih tua, selain itu bisa menimbulkan masalah lain seperti jerawat.

Produk kecantikan memang sudah yang bisa digunakan serta mengandung bahan yang aman. Tetapi tidak sedikit produk kecantikan yang memberikan harga dengan cukup mahal, mungkin ada yang murah tetapi apakah kualitasnya terjamin? Daripada Anda bingung tidak ada salahnya, Anda mencoba perawatan dengan bahan-bahan alami yang gampang Anda cari serta dari segi harga tidak terlalu mahal dan juga lebih aman untuk digunakan.

Merawat wajah secara alami dengan bahan-bahan alami tersebut dapat dengan mudah Anda temui, menggunakan bahan yang alami dapat membantu agar Anda mendapatkan kulit wajah yang lebih putih, bersih, segar dan bercahaya. Keuntungan yang lain dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan wajah adalah Anda tidak perlu takut efek sakit samping serta ketergantungan. Berikut beberapa bahan-bahan alami yang dapat memutihkan wajah serta membuat wajah tidak terlihat kusam, cocok untuk wajah pria serta wanita.

Tips merawat wajah secara alami dengan buah-buahan

Jeruk nipis atau jeruk lemon

Semua jenis jeruk kaya akan anti-oksidan serta vitamin C. Di mana kandungan inilah yang dapat membuat kulit wajah terlihat lebih segar, dapat mengatasi kulit yang berjerawat, mengatasi minyak berlebih, dan juga mengangkat sel kulit mati. Cara penggunaannya pun tidak terlalu sulit. Anda cukup mengoleskan air perasan jeruk ke kulit wajah Anda dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Kulit jeruk

Daging buah jeruk memang sangat bagus untuk dikonsumsi. Tapi tahukah Anda bahwa kulit jeruk juga bermanfaat untuk kulit wajah Anda, dan sangat sayang untuk dibuang begitu saja. Ternyata, kandungan vitamin C lebih banyak terdapat di kulit jeruk jadi jangan terlalu buru-buru untuk membuang kulit jeruk. Kulit jeruk dapat digunakan sebagai masker wajah. Cara penggunaannya dengan mengeringkan kulit jeruk lalu haluskan, campur dengan sedikit air hingga seperti pasta. Diamkan selama 30 menit di wajah lalu bilas dengan air hangat.

Pepaya

Buah pepaya memiliki kandungan enzim papain yang dapat membantu meregenerasi kulit. Buah pepaya juga akan menjadi tabir surya yang alami untuk kulit wajah. Agar mendapatkan hasil yang maksimal lakukan perawatan menggunakan buah pepaya dengan rutin selama 2 atau 3 kali secara teratur dan rajin. Cara penggunaannya dengan menghaluskan buah pepaya lalu gunakan sebagai masker dan diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

Alpukat

Buah alpukat dipercaya sangat bagus untuk kulit. Karena di dalam buah alpukat mengandung karotenoid anti-oksidan, vitamin E serta C yang dapat melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini. Cara penggunaannya selain mengkonsumsi buah alpukat secara langsung, Anda dapat menggunakan buah alpukat sebagai masker dengan cara menghaluskan sampai benar-benar lembut dan diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Pisang

Buah yang mengandung vitamin C lainnya adalah buah pisang yang secara efektif mampu memutihkan kulit wajah secara alami. Cara penggunaan juga mudah dengan cara masker wajah, Anda dapat menghaluskan buah pisang terlebih dahulu lalu campurkan dengan sedikit madu dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Strawberry

Ellagic yang terdapat dalam buah strawberry ternyata bagus untuk melawan flek hitam yang ada pada kulit wajah serta mampu mencerahkan kulit wajah secara alami. Cara penggunaannya dengan menghaluskan buah strawberry hingga lembut dan campurkan dengan sedikit susu aduk hingga mengental lalu oleskan sebagai masker dan bilas dengan air bersih.

Tomat

Tomat dipercaya mampu membuat kulit lebih menjadi lembut, tapi ternyata tomat juga mampu membuat kulit wajah tampak lebih cerah. Senyawa anti-oksidan lycopine yang terdapat dalam tomat mampu melawan radikal bebas. Dan ternyata tomat juga dapat menjadi tabir surya yang alami yang diakibatkan dari sinar UV. Cara penggunaan juga dengan masker wajah. Setelah membuat tomat menjadi halus oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Air rendaman beras

Orang zaman dahulu percaya air rendaman beras bagus untuk kulit. Jadi, jangan terlalu buru-buru untuk langusng membuang air rendaman beras. Di dalam air rendaman beras mengadung asam ferullic serta allantoin yang mampu melindungi kulit serta dapat memutihkan kulit wajah Anda. Cara penggunaannya tidaklah terlalu sulit, Anda cukup menggunakan endapan air beras sebagai masker wajah selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Bila Anda melakukan perawatan dari beberapa langkah serta tips tersebut secara rutin, pastilah Anda akan mendapatkan kulit wajah Anda menjadi lebih segar, bersih, tidak kusam dan juga bercahaya. Jagalah pola makan Anda untuk mendukung program perawatan wajah secara alami.