Kebanyakan wanita mengabaikan beberapa hal penting dalam perawatan kulit wajah mereka. Sehingga kadang mengabaikan beberapa area penting. Nah, area yang sering terabaikan dalam perawatan kulit adalah area leher. Padahal, jika dibandingkan dengan bagian lainnya, kulit pada area leher cenderung lebih tipis dan rentan kehilangan elastisitas seiring bertambahnya usia. Bukan hanya wajah saja yang perlu pencegahan dari penuaan kulit, tapi juga pada kulit bagian leher.

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk perawatan kulit bagian leher!

Oleskan Pelembab

Mengoleskan pelembab pada leher merupakan bagian yang juga penting. Jadi ketika kamu akan memakai pelembab untuk wajah, usahakan oleskan sampai ke bagian leher juga ya. Sebelum mengaplikasikan pelembab, kamu harus membersihkan bagaian leher terlebih dahulu. Pada siang hari kamu bisa mengoleskan pelembab yang memiliki kandungan SPF, yang bertujuan untuk melindungi kulit wajah dan leher kamu dari bahaya sinar UVA dan UVB.

Sedangkan pada malam hari, kamu bisa mengoleskan pelembab dengan kandungan hyaluronic acid dan niacinamide. Hyalouronic Acid berfungsi untuk menarik sekaligus mengunci molekul-molekul air pada permukaan kulit, sedangkan kandungan niacinamide berfungsi untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Selain pelembab, kamu bisa menggunakan cara lainnya seperti mengoleskan serum yang kaya akan vitamin C paling sedikit tiga kali dalam seminggu untuk meningkatkan produksi kolagen sekaligus memerangi radikal-radikal bebas yang menyebabkan penuaan pada kulit. Usapkan serum dengan tangan dari arah dada menuju bagian rahang.

Membuat Masker Khusus untuk Bagian Leher

Saat kamu ingin membuat masker untuk bagian leher, kamu bisa menggunakan masker mentimun dan alpukat. Kedua bahan tersebut diketahui memiliki kandungan anti aging, Pelembab mineral, senyawa yang mampu mengencangkan pori, vitamin yang memlihara kulit, dan berperan sebagai eksfoliator alami.

Perhatikan Asupan Makanan

Dalam perawatan kulit bagian manapun, asupan makanan juga perlu di perhatikan ya. Selain mengandalkan serum dan pelembab, asupan vitamin C memiliki andil besar dalam memproduksi kolagen. Kolagen merupakan sejenis protein yang dapat menjaga kulit agar terlihat tetap sehat dan awet muda.

Senam Leher

Mungkin kita sering mendengar tentang senam wajah, tapi kita jarang banget mendengan yang namanya senam leher. Padahal senam leher ini juga penting loh, agar kulit bagian leher tetap kencang. Selain itu, senam leher juga dapat memperkuat otot leher dan menghilangkan double cin. Kamu hanya perlu duduk tegak dan mengadahkan kepala ke belakang, samping kiri, samping kanan dan menunduk. Lakukan senam leher selama 10 detik dan ulangi kurang lebih selama 1 menit. Lakukan senam ini dengan rutin dan lihat perbedaannya.

Atasi dengan Make Up

Bronzer ternyata dapat menjadi senjata rahasia yang bisa digunakan untuk membuat kulit leher tampak kencang, lho! Caranya adalah menyapukan bronzer dengan kuas bedak besar di bagian tengah leher. Dimulai tepat dari tulang selangka ke arah dagu, karena kerut dan kendur pada leher sangat terlihat di dua bagian ini. Bronzer dengan shades yang lebih gelap akan menciptakan efek bayangan yang menutupi ketidaksempurnaan. Selain itu, hindari pula menggunakan bronzer yang mengilap karena justru akan menarik perhatian orang.

Nah, mulai sekarang kamu harus memperhatikan perawatan kulit pada bagian leher kamu ya. Jangan sampai kamu mengabaikan hal ini ya, apalagi sampai timbul tanda-tanda penuaan kulit. Selain membuat tidak percaya diri juga membuat kamu tidak nyaman kan ?